Pengamanan di Lapas Tanjung Gusta Medan

Medan - Pihak kepolisian bersama dengan petugas Lembaga Pemasyarakatan (LP) Kelas I Tanjung Gusta Medan, Sumatera Utara (Sumut), masih melakukan pendataan terhadap jumlah tahanan yang kabur saat kerusuhan di dalam lembaga tersebut.

"Pendataan masih sedang dilakukan petugas di setiap blok tahanan. Jumlah tahanan yang kabur akan diketahui nantinya," ujar seorang perwira polisi yang turun melakukan pengamanan di tempat kejadian perkara (TKP) tersebut, Kamis (11/7) malam.

Perwira yang tidak ingin disebutkan namanya tersebut membenarkan, pihaknya mendapatkan isu bahwa jumlah tahanan yang melarikan diri saat kejadian kerusuhan itu, mencapai 150 orang tahanan. Namun, jumlah itu belum positif karena masih melakukan pendataan.

"Berdasarkan data yang kami peroleh dari petugas di LP, ada sekitar 2.000-an tahanan di LP Tanjung Gusta Medan. Jumlah itu melebihi kapasitas dari daya tampung sekitar seribuan orang tahanan. Makanya, pendataan masih dilakukan," sebutnya.

Kepala Kepolisian Resort Kota (Kapolresta) Medan, Kombes Nico Afinta, memerintahkan seluruh kepolisian sektor (Polsek) untuk turut melakukan pengejaran terhadap tahanan yang melarikan diri tersebut.

Suara Pembaruan

Penulis: 155

Sumber:Suara Pembaruan