Jakarta - Kursi orang nomor dua di jajaran korps Bhayangkara akan berganti dalam hitungan jam. Posisi Wakil Kepala Polri (Wakapolri) Komjen Nanan Soekarna yang akan memasuki pensiun pada Kamis (1/8) mendatang, segera digantikan oleh Kepala Badan Pemelihara Keamanan (Kabaharkam) Polri Komjen Oegroseno.

Pelantikan Oegroseno rencananya akan digelar pada Jumat (2/8), jika tidak ada aral melintang.

"Positif, Pak Oegroseno jadi Wakapolri. Sertijab akan digelar pada Jumat besok sesaat setelah Kapolri Jenderal Timur Pradopo balik dari Malang," kata seorang sumber di lingkungan Polri kepada Beritasatu.com Selasa (30/7).

Saat dihubungi Beritasatu.com, Nanan membenarkan jika dirinya akan pensiun pada Kamis (1/8) dan sertijab akan digelar pada Jumat (2/8).

"Memang tanggal 2 sertijab, tapi sama siapanya saya nggak tahu," ujar Nanan berteka-teki.

Namun Oegroseno yang dihubungi Beritasatu.com secara terpisah membenarkan rencana sertijab dirinya sebagai Wakapolri.

"Dengar darimana kamu? Insya Allah rencananya benar begitu. Saya akan sertijab Jumat. Siapa pengganti saya (sebagai Kabaharkam), saya belum tahu," kata Oegroseno yang merupakan rekan seangkatan Timur dan Nanan sesama lulusan Akpol 78 ini.

"Masa pakai" Oegroseno sebagai Wakapolri tidak akan panjang karena mantan Kapolda Sumut itu akan pensiun pada Februari 2014.

Sebelumnya sejumlah nama jenderal bintang dua dan bintang tiga berpeluang menggantikan posisi Nanan –dan bahkan— Timur yang juga akan pensiun pada April 2013.

Di antaranya adalah Komjen Oegroseno, Komjen Sutarman, Komjen Anang Iskandar, Irjen Badrodin Haiti, dan Irjen Putut Bayuseno.

Penulis: Farouk Arnaz