Presiden Susilo Bambang Yudhoyono

Jakarta - Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) mengesahkan lima Rancangan Undang-Undang (RUU) menjadi Undang-Undang (UU) pada awal Agustus. Melalui akun Twitter resmi presiden @SBYudhoyono, kelima RUU tersebut adalah RUU Keantariksaan, RUU Perlindungan Hutan, RUU Pemberdayaan Petani, RUU Panas Bumi dan RUU Pendidikan Kedokteran.

RUU tersebut disahkan presiden setelah terlebih dahulu melalui pengesahan di Dewan Perwakilan Rakyat (DPR).

Melalui akun Twitternya, presiden berharap undang-undang tersebut menjawab kebutuhan. SBY mencontohkan pentingnya UU Pendidikan Kedokteran.

"Pengesahaan RUU tentang Pendidikan Kedokteran akan memenuhi kebutuhan Indonesia untuk dokter berkualitas dan bermartabat," kata presiden sebagaimana dikutip dari Twitternya, Rabu (14/8).

Sementara UU Perlindungan Hutan diharapkan memberikan kepastian hukum dan efek jera terhadap pelaku pengrusakan hutan. Undang-Undang tersebut juga diharapkan menjamin kelestarian dan keberlanjutan hutan dan ekosistem di sekitarnya.

Sementara UU Keantariksaan diharapkan bisa mengatur kepastian dan pemanfaatan ruang udara di seluruh Indonesia. Legislasi ini juga mengatur penggunaan satelit dan roket.

Penulis: Ezra Sihite/AF