Tank BMP-3F milik Marinir AL RI melakukan atraksi, usai Upacara Peringatan HUT ke-68 Korps Marinir TNI Angkatan Laut di Lapangan Apel Hartono Kesatrian Marinir, Cilandak, Jakarta Selatan, Jumat (15/11). SP/Joanito De Saojoao.

Jakarta - TNI AL akan kembali diperkuat alat utama sistem senjata (alutsista) sebanyak 54 tank amfibi BMP-3F dari Rusia yang akan tiba pada akhir 2013.

Tank didatangkan secara khusus untuk memperkuat Korps Marinir TNI AL.

"Sesuai dengan pemenuhan kekuatan pokok minimum (Minimum Essential Force/MEF), dan alokasi anggaran dari pemerintah diharapkan tahun 2014, bertepatan dengan HUT TNI 5 Oktober 2014, TNI AL bisa menampilkan alusista baru," kata Kepala Staf TNI Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Marsetio, Jumat (15/11).

Dia mengatakan, tidak hanya tank amfibi buatan Rusia, TNI AL juga akan mendatangkan BTR-4 (panser), MLRS dan kendaraan-kendaraan perintis untuk kelengkapan batalyon yang berada di jajaran Marinir. "Segenap pimpinan TNI AL berjanji akan selalu mendukung penuh persenjataan untuk Korps Marinir," ucapnya.

Dijelaskan dia, untuk alutsista TNI AL, saat ini tengah dibangun tiga unit kapal selam hasil kerja sama dengan Korea Selatan.

Tak hanya itu, dua buah kapal fregat juga akan dibangun oleh PT PAL dan galangan kapal dari Belanda, serta dua kapal fregat dari Inggris (tahun 2014), pengganti kapal Dewaruci dan 16 unit KCR-40M

Suara Pembaruan

Penulis: Y-7/WBP

Sumber:Suara Pembaruan