Ilustrasi
Sebagai bentuk pelaksanaan reward and punistment yang lebih baik

Inspeksi mendadak wakil menteri Hukum dan HAM Denny Indrayana yang memergoki pertemuan rahasia antara Muhammad Nazaruddin dan kakaknya, M. Nasir, di Rumah Tahanan (Rutan) Cipinang, akhirnya berujung pada pencopotan Kepala Rutan Suharman.

Selain mengganti Suharman, Menteri Hukum dan HAM Amir Syamsuddin juga mengganti Kepala Kantor Wilayah dan Kepala Divisi Pemasyarakatan wilayah kerja Provinsi DKI Jakarta, yaitu Taswin Tarib dan Hafiluddin.

"Menteri Hukum dan HAM memutuskan untuk melanjutkan langkah perbaikan sistem dengan mengganti Kepala Kantor Wilayah, Kepala Divisi Pemasyarakatan dan Kepala Rumah Tahanan Cipinang wilayah kerja Provinsi DKI Jakarta," kata Amir dalam konferensi pers yang dilakukan di kantor Kementerian Hukum dan HAM kawasan Kuningan, Jakarta Selatan, Minggu (12/2).

Nazaruddin, terdakwa kasus suap Wisma Atlet, dipergoki sedang melakukan pertemuan dengan Nasir, Djufri Taufik dan Arief Rachman pada pukul 11 malam hari Rabu lalu.

Namun, Amir enggan menjelaskan apakah pergantian itu berkaitan dengan pertemuan Nazaruddin dengan sejumlah orang tersebut di luar jam kunjungan.

Menteri dari Partai Demokrat itu hanya menyampaikan bahwa pergantian tersebut merupakan bagian dari evaluasi dan perbaikan sistem pemasyarakatan.

Menurut Amir, untuk sementara posisi yang ditinggalkan tersebut akan diisi oleh Pimpinan Pelaksana Tugas Harian.

"Penggantinya nanti akan dipilih melalui fit and proper test dengan memperhatikan tes integritas serta kapasitas calon. Semuanya dilakukan sebagai bentuk pelaksanaan reward and punistment yang lebih baik," kata Amir.

Wakil Menteri Hukum dan HAM, Denny Indrayana juga tak menjelaskan alasan pergantian tersebut. Denny menekankan bahwa pergantian tersebut sudah dilakukan dengan pertimbangan yang matang dan hari-hati.

"Kami melihat prestasi kerja maupun pelanggaran kerja yang dilakukan yang bersangkutan," kata Denny.

Denny menyakinkan bahwa pergantian tersebut sudah dilakukan sesuai dengan prosedur.

Soal pengganti orang-orang tersebut, Denny mengatakan akan dicari orang yang benar-benar berkapasitas untuk menduduki posisi strategis tersebut.

Selain ketiga orang itu, Kepala Pengamanan Rumah Tahanan Cipinang juga telah diganti.

Penulis: