Kepala Bakamla RI Laksdya TNI Ari Soedewo, SE, MH (kanan).

TNI Jamin Kepala Bakamla Akan Hadiri Persidangan Pekan Depan

Kepala Bakamla RI Laksdya TNI Ari Soedewo, SE, MH (kanan). (istimewa)

Jakarta - Pihak Tentara Nasional Indonesia (TNI) menjamin Kepala Badan Keamanan Laut (Bakamla), Laksamana Madya Arie Soedewo, akan hadir dalam persidangan di Pengadilan Negeri Tindak Pidana Korupsi (PN Tipikor) Jakarta, Jalan Bungur Besar Raya, Jakarta Pusat, pekan depan. Arie dipastikan tidak akan mangkir lagi dalam persidangan tersebut.

"Sidang berikutnya pasti bisa hadir. Sudah ada jaminan dari beliau," kata Kapuspen TNI, Mayjen Wuryanto, di Jakarta, Jumat (21/4).

Saat ini, kata Kapuspen, Arie sedang berada di Australia untuk menjalankan tugas. Kepergian yang bersangkutan ke Australia, sudah disampaikan kepada majelis hakim Tipikor.

"Kepala Bakamla saat ini sedang tugas di Australia. Tugas itu sudah dikoordinasikan dengan hakim," ungkap Wuryanto.

Sebagaimana diketahui, pada Jumat (20/4) ini, kembali dilanjutkan persidangan kasus suap proyek satellite monitoring di Badan Keamanan Laut (Bakamla). Sidang seharusnya mendengarkan keterangan Arie. Sidang terpaksa diundur pekan depan karena Arie tidak hadir.

"Kami akan koordinasi dengan Puspom karena ini yuridiksinya pengadilan militer, dan kita koordinasi dengan Puspom terkait pemanggilan tersebut," ujar jaksa KPK Kiki Ahmad Yani usai sidang di Pengadilan Negeri Tindak Pidana Korupsi (PN Tipikor) Jakarta.

Arie sendiri sudah dua kali tidak hadir di persidangan. Pada panggilan ketiga pekan depan, Arie bisa dipanggil paksa jika tetap saja tidak hadir.



Suara Pembaruan

Robertus Wardi/FER

Suara Pembaruan