Jaringan Uang Palsu Karawang juga Palsukan KTP hingga Buku Nikah

Ilustrasi uang palsu (Antara/Didik Suhartono)

Oleh: Farouk Arnaz / FMB | Kamis, 7 Desember 2017 | 17:35 WIB

Jakarta-- Lima tersangka pembuat dan pelaku pengedar uang palsu (upal) yang dibekuk di Karawang, Jawa Barat benar-benar berotak kriminal.

"Mereka juga memalsukan BPKB, STNK, KTP, buku nikah, paspor, hingga materai. Khusus untuk TT dia adalah residivis kasus upal di Bandung yang pernah divonis 6 tahun," kata Dir Tipideksus Brigjen Agung Setya di Bareskrim, Kamis (7/12).

Seperti diberitakan AY, AS, TT, CM, dan BH dibekuk pada Minggu (3/12) di halaman RS Mandaya, Karawang, Jabar. Mereka ditangkap setelah dipancing polisi yang menyamar untuk membeli upal tersebut.

"Kita akan kembangkan dalam kesempatan setelah ini. Kita juga menyita beberapa aset hasil kejahatannya yaitu tiga unit mobil hasil kejahatan yang mereka miliki," sambung Agung.

Pelaku akan dikenakan Pasal 36 ayat 2 dan ayat 3 UU nomor 7 tahun 2011 tentang Mata Uang dengan ancaman hukuman 15 tahun penjara.

"Kita harapkan, dan kita terus berupaya, supaya proses persidangannya bisa kita maksimalkan pembuktiannya karena mereka sudah melakukan hal serupa. Kini kita harapkan ada pemberatan," imbuhnya.




Sumber: BeritaSatu.com
ARTIKEL TERKAIT