Buntut Ceramah Kasar, Bahar Ditetapkan Tersangka

Buntut Ceramah Kasar, Bahar Ditetapkan Tersangka
Bahar bin Smith (tengah) memasuki gedung saat akan menjalani pemeriksaan di Bareskrim Polri, Jakarta, 6 Desember 2018. ( Foto: Antara / Rivan Awal Lingga )
Farouk Arnaz / HA Jumat, 7 Desember 2018 | 02:06 WIB

Jakarta - Bahar bin Smith (HBS) yang diduga menghina Presiden Joko Widodo ditetapkan sebagai tersangka oleh Badan Reserse dan kriminal Polri, Kamis (6/12).

Penetapan ini dilakukan polisi setelah sebelumnya mereka memeriksa Bahar sebagai saksi selama hampir 12 jam. Menurut pengacaranya Bahar belum ditahan.

“Hasilnya beliau tadi ditetapkan sebagai tersangka. (Bahar) tadi sudah duluan karena ada keperluan. Kita berdiskusi lagi untuk menyikapi status tersangka ini,” kata Pengacara Azis Yanuar, Kamis malam.

Pihaknya juga belum akan mengajukan praperadilan atas status baru ini. Sebelumnya polisi memang telah mencekal Bahar dan meningkatkan kasus ini menjadi penyidikan.

Menurut Azis, kliennya itu dijerat Pasal 16 ayat 4 (a) ke 2 UU 40/2018 tentang penghapusan diskriminasi ras dan etnis dan atau Pasal 28 ayat (2) UU RI 19/2016 tentang perubahan UU 11/2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik.

Ceramah Bahar yang jadi masalah adalah saat dia mengatakan, "Kalau kamu ketemu Jokowi, kamu buka celananya itu, jangan-jangan haid Jokowi itu, kayaknya banci itu".



Sumber: BeritaSatu.com
CLOSE