Ilustrasi--Garis polisi yang dibentangkan untuk menandai adanya sebuah peristiwa pidana.
Irjen Suparni Parto muncul sebagai calon kuat Kabaintelkam (Kepala Badan Intelijen Keamanan) Polri, menggantikan Komjen Pratiknyo yang akan segera memasuki masa pensiun bulan ini.

Jika benar terpilih, maka beban berat akan berada di pundak perwira lulusan Akpol 1080 ini, karena tahun 2014 adalah tahun pesta demokrasi dengan digelarnya Pemilu Legislatif dan Pilpres.

"Nama Pak Parni muncul sebagai calon Kabaintelkam. Itu karena posisi intel umumnya dipegang orang intel. Pak Parni pernah menjabat Direktur Intelkam Polda Metro Jaya, Kapolda Sulteng, Kapolda Jabar, dan kini Pak Parni kan Wakabaintelkam," kata seorang sumber yang tak ingin disebutkan namanya, di lingkungan Mabes Polri, Kamis (29/11).

Diketahui, dunia intel yang men-support fungsi-fungsi lain di kepolisian seperti keamanan, memang bukan dunia baru bagi Parni. Dia kenyang dalam dunia telik sandi itu. Selain pernah menjabat sebagai Direktur Intelkam Polda Metro Jaya, Parni pernah bertugas sebagai Kanit IPP (Intelijen Pengamanan Kepolisian) Dit IPP Polda Nusa Tenggara (Nusra).

Parni juga pernah berdinas di Direktorat IPP Polda Kaltim, Direktur Intelkam Polda Bengkulu, Direktur Intelkam Polda Sulsel, Direktur A Baintelkam Mabes Polri, serta staf ahli Kepala BIN Bidang Ideologi.

Hanya saja, saat dikonfirmasi, Pratiknyo --yang dulunya adalah juga Wakabaintelkam sebelum jadi Kabaintelkam-- belum mau membocorkan siapa yang akan dipilih menjadi penggantinya.

"Tanya saja pada Pak Kapolri. Itu kewenangan beliau untuk menentukan," katanya. Dia juga tak mau menyebutkan kriteria Kabaintelkam yang ideal menurutnya.

Seperti diberitakan, struktur di level atas Mabes Polri dipastikan akan mengalami perombakan cukup penting tahun ini. Itu karena dua pejabat yang duduk di pos bintang tiga (Komjen) Polri akan memasuki masa pensiun.

Siapapun yang akan duduk di kursi bintang tiga tersebut, maka namanya akan otomatis masuk ke dalam bursa calon Kapolri menggantikan Jenderal Timur Pradopo yang akan pensiun pada Januari 2014.

Wakapolri Komjen Nanan Soekarna mengatakan jika Kabaintelkam Komjen Pratiknyo akan segera memasuki masa pensiun pada November. Sedangkan Kepala Badan Narkotika Nasional (BNN) Komjen Gories Mere akan memasuki masa pensiun pada akhir tahun ini.

Sebelumnya, seorang sumber di Mabes Polri, mengatakan jika nama Irjen Budi Gunawan (sebagai calon Kepala BNN) sudah di meja Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY), untuk menunggu persetujuan dari orang nomor satu di Indonesia itu.


Penulis: