REI NTT Harapkan Kemudahan Regulasi

REI NTT Harapkan Kemudahan Regulasi

Ilustrasi perumahan (Antara/Seno)

Oleh: / FER | Rabu, 19 April 2017 | 20:35 WIB

Kupang - Ketua Dewan Pimpinan Daerah Real Estate Indonesia (DPD REI) Nusa Tenggara Timur (NTT), Boby Lianto, mengharapkan dukungan pemerintah terhadap sektor properti, dengan menyediakan regulasi yang sederhana dan tidak berbelit-belit.

"Ini dimaksudkan untuk mendorong pengembangan sektor properti dan menggairahkan peningkatan penjualan perumahan serta semakin menarik minat developer muda di daerah membantu rakyat kurang mampu," kata Boby, Kupang, Rabu (19/4).

Sejak pencanangan Program Nasional Pembangunan Sejuta Rumah untuk rakyat, lanjut dia, penerbitan sejumlah peraturan diharapkan tidak berbelit-belit. Dengan demikian, bisnis properti diprediksi meningkat karena berbagai regulasi mulai dari perizinan dan peraturan terkait perumahan lainnya terus diperbaiki

"Selama ini, pemerintah terus memberikan upaya maksimal pada pengembang agar tertarik membangun rumah murah bagi masyarakat berpenghasilan rendah (MBR)," katanya.

Salah satu peraturan yang tengah diupayakan pemerintah saat ini, adalah mengurangi biaya pembuatan Izin Mendirikan Bangunan (IMB) dan Bea Perolehan Hak Atas Tanah dan Bangunan (BPHTB).

"Pembuatan dua perizinan tersebut memang sulit untuk digratiskan, tetapi pemerintah bisa mengusahakan supaya biaya yang dikeluarkan tidak tinggi," kata Boby.




Sumber: ANTARA
ARTIKEL TERKAIT