Ilustrasi-Pakuwon City
Ritz Golf Residence memiliki lima sub klaster masing-masing Grand Golf, Ritzwood, Ritz Ville, Ritz Embassy, dan Grand Embassy.

Pakuwon Group menggarap proyek hunian di tengah padang golf seluas 400 hek- tare (ha) di Surabaya Barat. Proyek yang diberi nama Ritz Golf Residence itu, terdiri atas 17 klaster. Sedangkan harga yang dipatok mulai Rp 2,7 miliar per unit.

Direktur Pakuwon Grup, Sutandi Purnomosidi mengatakan, hingga kini Pakuwon Indah telah mengem- bangkan sebanyak 17 klaster.

Tiap klaster memiliki fasilitas club house bagi para penghuninya. Dari 17 klaster tersebut, sebanyak empat klaster di antaranya berlokasi di kawasan golf seluas 35 ha yang dinamai Ritz Golf Residence.

"Di saat pengembang yang lain kehabisan lahan atau produk hunian dengan golf view, kami justru memulai di Surabaya Barat. Kami masih memiliki banyak stok karena di kawasan ini dikembangkan padang golf 18 holes tournament sizes," kata Sutandi di sela Grand Opening Club House Ritz Golf Residence, Surabaya, Selasa (13/11).

Menurut dia, Ritz Golf Residence memiliki lima sub klaster masing-masing Grand Golf, Ritzwood, Ritz Ville, Ritz Embassy, dan Grand Embassy.

Pakuwon Group telah membangun sekitar 300 unit rumah di tahap pertama dan seluruhnya sudah terjual habis. Karena tingginya permintaan itu pula, Pakuwon mulai mengembangkan tahap kedua.

"Yang menarik, untuk klaster Grand Embassy kami membangun rumah mewah tiga lantai golf view dengan private lift. Luasnya mulai 240 meter persegi hingga 700 meter persegi dengan harga jual mulai Rp 2,7 miliar per unit. Dengan kondisi sekarang, mana ada rumah tiga lantai golf view yang berani menjual harga segitu," papar dia.

Marketing Manager Pakuwon Indah, Reinecke Bayu menambahkan, untuk tahap kedua ini pihaknya akan mengembangkan sekitar 220 unit rumah golf view.

Dia optimistis seluruhnya akan terserap pasar dalam waktu tidak lama. Alasannya, harga tanah maupun bangunan di kawasan golf mengalami lonjakan yang luar biasa.

"Percaya atau tidak, tahun 2011 harga tanah di golf view Pakuwon Indah masih di kisaran Rp 14 juta per meter persegi. Saat ini harganya sudah naik di kisaran Rp 32 juta per meter persegi. Kami memakluminya, karena selain kami gencar membangun fasilitas golf dan club house, proyek kawasan superblok juga tengah dikebut pembangunannya," tandas Reinecke.

Penulis: /WBP