logo adhi karya
Berlokasi di Cinere, Jakarta Selatan dan Sidoarjo, Jawa Timur.

PT Adhi Persada Realti (APR), anak usaha BUMN PT Adhi Karya Tbk, meluncurkan dua proyek perumahan mewah The Taman Dhika Cinere dan The Taman Dhika Sidoarjo dengan investasi sebesar Rp 1,1 triliun.

Kedua proyek dengan segmentasi menengah ke atas ini direncanakan bakal memasuki tahap konstruksi pada tahun 2013 mendatang.

Direktur Utama PT Adhi Persada Realti Ferry Febrianto mengatakan, kawasan selatan Jakarta memiliki pertumbuhan ekonomi yang sangat cepat, terutama untuk kelas menengah. Kondisi serupa juga terjadi di Surabaya dengan percepatan ekonomi tertinggi di Jawa Timur.

"Kedua daerah tersebut sangat bagus pertumbuhan ekonominya dan kalangan kelas menengahnya juga terus meningkat. Inilah yang mendorong kami untuk membangun hunian yang nyaman dengan kualitas tinggi," kata Ferry seperti dikutip dari Investor Daily, Selasa (18/12).

Menurut Ferry, di kawasan selatan Jakarta, pihaknya akan membangun The Grand Dhika Cinere di atas lahan seluas 20 hektar.

Perumahan ini dibangun untuk memenuhi kebutuhan hunian eksklusif bagi masyarakat yang bekerja di kawasan TB Simatupang dan sekitarnya. Kawasan TB Simatupang banyak bermunculan perkantoran dan mulai bertransformasi menjadi CBD baru.

"Perumahan The Grand Dhika Cinere diperkirakan menelan investasi sebesar Rp 600 miliar. Kami sudah mulai memasarkannya sejak Oktober 2012. Hingga akhir tahun ini ditargetkan bisa terjual 86 unit," kata dia.

Sedangkan perumahan The Gran Dhika Sidoarjo, di Jawa Timur, lanjut Ferry, akan dibangun diatas lahan 25 hektare dengan total 1.400 kaveling dengan nilai investasi mencapai Rp 500 miliar. Rencananya perumahan menengah atas ini menggunakan hampir 30% lahannya untuk kawasan hijau.

"Target pasar yang disasar perumahan ini adalah kelas menengah, dan menengah atas. Hunian ini diperkirakan memiliki nilai investasi yang tinggi ke depannya," ungkap dia.

Perumahan Dhika Cinere dijual dimulai dari tipe kecil sampai besar. Kisaran harga paling murah Rp 370 juta untuk tipe paling kecil (40/84) hingga Rp 1 miliar untuk tipe paling besar (120/180).

Pada 2013, perseroan menargetkan akan menjual 280 unit rumah dengan melihat animo masyarakat terhadap kebutuhan rumah.

Perumahan ini ditargetkan mulai konstruksi awal tahun depan. Sedangkan di Sidoarjo akan digarap dalam lima tahun ke depan. Pemasarannya meliputi unit rumah dan ruko.

Penulis: /WBP