Pelatih Timnas Indonesia Luis Manuel Blanco (kiri) menyaksikan pertandingan kompetisi Indonesia Super League (ISL).

Jakarta - Pengamat sepak bola Tommy Welly mengatakan, peluang penggantian kembali pelatih Timnas Indonesia sangat terbuka, seiring dengan keputusan kontroversial yang dilakukan oleh Luis Manuel Blanco terhadap pemain yang menjalani pelatnas.

"Pendapat kami pribadi, pergantian pelatih sangat terbuka, meski waktunya sudah mepet. Ganti saja dengan pelatih lokal," kata pria yang akrab dipanggil Towel itu, di Hotel Sultan, Jakarta, Jumat (15/3).

Towel mengaku, dirinya sebenarnya enggan berkomentar terkait keberadaan pelatih asal Argentina itu. Hanya saja, setelah pelatih tersebut melakukan keputusan kontroversial terkait pencoretan pemain, pihaknya merasa perlu merespons.

Apa yang dilakukan oleh Luis Manuel Blanco, menurut Towel lagi, kurang tepat, karena alasan pencoretannya yang kurang begitu jelas. Seharusnya sebelum melakukan pencoretan, pelatih terlebih dahulu memberikan alasan secara detail.

"Penjelasan harus logis. Apalagi, masyarakat sepak bola Indonesia sangat peka dalam mengikuti perkembangan," kata Towel menambahkan.

Pria yang saat ini fokus sebagai komentator sepak bola di salah satu stasiun TV swasta ini mengaku, pemain ISL yang dipanggil seleksi timnas di bawah asuhan Blanco, tengah berada pada puncak performanya. Dengan demikian, wajar saja menurutnya jika kondisi mereka lelah, apalagi telah menjalani kompetisi selama dua bulan berturut-turut.

"Zulham Zamrun dan Jajang Mulyana, contohnya. Mereka dalam kondisi terbaik dan mampu menjadi top skor di klubnya (Mitra Kukar). Kondisinya jelas bagus," kata mantan wartawan ini.

Peluang terjadinya pergantian pelatih timnas itu juga dikatakan oleh Wakil Ketua BTN, Harbiansyah Hanafiah. Pria yang juga menjadi Preskom PT Liga Indonesia itu mengaku mempunyai banyak pilihan apabila terjadi pergantian pelatih timnas.

"Kita ada beberapa pilihan, seperti Jacksen F Thiago dan Rahmad Darmawan," katanya.

Seperti diketahui, Luis Manuel Blanco mulai dikenalkan ke publik sejak 7 Februari lalu. Pria asal Argentina ini langsung diberi kepercayaan oleh BTN untuk menukangi Timnas U-23 dan timnas senior. Pertandingan melawan Arab Saudi nanti adalah debutnya dalam menukangi timnas pada pertandingan resmi.

 

Penulis:

Sumber:Antara