Timnas Indonesia berfoto bersama sebelum laga persahabatan melawan Belanda di Gelora Bung Karno,. Jakarta, Jumat (7/6). Indonesia kalah 0-3 dari Belanda

Solo - Ribuan suporter sepak bola dari berbagai daerah di Indonesia memesan tiket masuk untuk mendukung tim nasional (Timnas) Indonesia melawan Timnas Filipina di Stadion Manahan Solo, Rabu (14/8) malam.

"Kami melalui pengurus Pasoepati mencacat jumlah suporter dari berbagai daerah, yang sudah memasan tiket masuk hingga Senin pukul 18.00 WIB mencapai 9.000-an dari 24.000 lembar tiket yang dicetak," kata Ketua Panitia Pelaksana Lokal Paulus Haryoto di Solo, Senin.

Menurut Paulus Haryoto, pihaknya sudah buka di tiga tempat untuk pemesanan tiket masuk stadion, yakni di Manahan, Sriwedari, dan melalui alamat PasoepatiNet.

"Kami menerima pesanan tiket dari Pasoepati saja, jumlah mencapai 4.000 lembar. Kami perkirakan penonton dapat memadati stadion yang berkapasitas mencapai sekitar 25.000 penonton itu," katanya.

Ia menjelaskan bahwa para suporter dari daerah lain yang sudah dipastikan hadir hendak mendukung laga Timnas melalui PasoepatiNet, antara lain asal Bandung dan Semarang.

Selain itu, Panpel juga akan menyediakan dua layar lebar di area parkir Stadion Manahan untuk mengantisipasi penonton yang tak kebagian tiket karena antusiasme warga ingin melihat pertandingan persahabatan Timnas Indonesia melawan Filipina.

"Timnas saat melakukan latihan di Stadion Manahan saja, warga yang hadir melihat mencapai ribuan orang," katanya.

Pihaknya sudah melakukan koordinasi dengan aparat keamanan, yakni Polresta Surakarta, melakukan pemeriksaan terhadap penonton masuk stadion guna mengantisipasi adanya kembang api dan petasan.

"Kami menjaga karena laga Timnas masuk dalam event resmi FIFA sehingga suporter yang datang diharapkan dapat menjaga ketertiban di dalam stadion," katanya.

Pihaknya akan melibatkan sekitar 300 personel aparat keamanan untuk mengamankan, baik di dalam maupun di luar stadion saat laga Timnas melawan Filipina.

Sekretaris Jenderal Pasoepati Solo Anwar Sanoesi mengimbau suporter untuk mendukung Timnas dengan membawa bendera Merah Putih akan lebih bagus terkait dengan larangan membawa kembang api dan petasan oleh Panpel.

Pihaknya sudah melakukan imbauan kepada seluruh pengurus koordinator wilayah agar anggotanya mengikuti aturan yang diberlakukan oleh Panpel.

Pihak harus berusaha menjaga kondisi Manahan Kota Solo tetap nyaman dan aman.

Penulis: /YUD

Sumber:Antara