Skuad Persipura Jayapura saat menjuarai Indonesia Super League musim 2010/2011.
Persipura siap menjamu Persiba di laga perdana ISL.

Indonesian Super League akan bergulir Kamis (1/12) besok dan partai Persipura Jayapura kontra Persiba Balikpapan di Stadion Mandala, Jayapura, akan menjadi laga pembuka ISL musim kompetisi 2011/2012.

Sebagai juara bertahan ISL, tim berjuluk Mutiara Hitam itu memang layak mendapat kehormatan membuka kompetisi. Meski kompetisi libur kurang lebih lima bulan, Persipura siap mengarungi musim kompetisi baru dan membuka laga ISL, seperti yang diungkapkan pelatih Jacksen Tiago.

"Untuk pertandingan besok, kami tidak melakukan persiapan khusus karena masalah jadwal dan dualisme kompetisi yang mengganggu kami. Beruntung, kami mendapat undangan untuk tampil di SCTV Cup dan Inter Island Cup," ujar Jacksen, hari ini.

Pelatih asal Brasil ini menambahkan bahwa berbekal pengalaman tampil di dua event lalu, kondisi para pemain dalam kondisi yang baik dan mereka juga sudah memahami ritme permainan yang diinginkan.

Demi menjalani laga pembuka ISL, Titus Bonai dan Boaz Solossa bahkan rela tidak bertanding pada laga eksibisi antara Los Angeles Galaxy melawan Indonesia Selection yang berlangsung di Stadion Utama Gelora Bung Karno, hari ini.

Persiapan Persipura memang terbilang cukup baik dengan tampil di dua event pra-musim. Tim asal Papua ini menjuarai SCTV Cup setelah menahan imbang Pelita Jaya 3-3 di laga terakhir. Persipura juga menambah koleksi gelarnya setelah menjuarai Inter Island Cup usai menundukkan Persisam Samarinda, 2-0 di babak final.

Melihat kondisi sepakbola nasional yang masih belum kondusif usai terpilihnya kepengurusan PSSI yang baru, Jacksen mengatakan dualisme kompetisi yang terjadi membuat seluruh pihak, termasuk dirinya dan Persipura, merasa prihatin.

"Saat ini, sepakbola Indonesia membutuhkan sosok yang disegani dan dihargai untuk melakukan pendekatan pada semua pihak yang saling bertentangan agar bisa menyatukan visi dan tekad demi kemajuan sepakbola Indonesia," pungkasnya.

Penulis: