Timnas U-19 Percaya Diri Hadapi Turnamen Toulon

Indra Sjafri (JG)

Oleh: / CAH | Selasa, 18 April 2017 | 19:16 WIB

Jakarta  - Tim nasional U-19 Indonesia siap melawan Brasil dan timnas negara lainnya di Turnamen Toulon, Prancis yang digelar pada 29 Mei-10 Juni 2017. Pelatih Indra Sjafri mengatakan timnya tidak merasa rendah diri meski akan bertemu dengan timnas negara-negara dengan kualitas dan usia di atas Indonesia.

Di Turnamen Toulon, timnas U-19 berada di Grup C bersama Brasil, Republik Ceko dan Skotlandia, yang menurunkan tim U-20 di kompetisi tersebut.

"Siapapun lawannya di grup, tidak masalah bagi kami. Kami mau beruji coba dengan lawan yang lebih berat dengan umur lebih tua dari timnas Indonesia. Nantinya kami minta kepada pemain untuk mencari solusi-solusi untuk pertandingan tersebut," ujar Indra dikutip dari laman resmi Persatuan Sepakbola Seluruh Indonesia (PSSI).

Pelatih yang pernah membawa Indonesia juara Piala AFF U-19 tahun 2013 ini menegaskan target utama timnya di Prancis adalah demi menimba pengalaman. Meskipun demikian, timnas U-19 tetap melakukan persiapan dengan melakoni beberapa laga uji coba di Indonesia.

"Minggu ini akan ada satu uji coba, tetapi lawannya belum dipastikan," kata Indra.

Turnamen Toulon merupakan kompetisi yang sudah berjalan sejak 1967 dan ditujukan untuk tim nasional dengan usia paling tua U-21 yang berasal dari berbagai negara. Jadi, bisa dipastikan timnas Indonesia masuk jajaran timnas usia termuda dalam turnamen itu.

Adapun Prancis menjadi peraih gelar terbanyak turnamen yang diselenggarakan di Kota Toulon, Prancis, tersebut dengan 12 gelar, diikuti Brazil dengan delapan kali juara.

Pada 2017, ada 12 negara yang berpartisipasi dalam Turnamen Toulon dan dibagi dalam tiga grup. Angola, Kuba, Inggris dan Jepang berada di Grup A, sementara Grup B diisi Bahrain, Pantai Gading, Prancis dan Wales. Indonesia mengisi Grup C bersama Brazil, Republik Ceko dan Skotlandia.

Berdasarkan pernyataan panitia penyelenggara dikutip dari laman resmi www.festival-foot-espoirs.com, juara grup dan peringkat dua terbaik akan melaju ke semifinal.

Timnas U-19 saat ini berlatih di Lapangan Atang Sutresna, Cijantung, Jakarta Timur. Mereka sejatinya dipersiapkan untuk dua turnamen terdekat yaitu Piala AFF U-19 2017 pada bulan September dan kualifikasi Piala Asia pada Oktober 2017.

Beberapa rencana kegiatan timnas mulai Selasa (18/4), sampai beberapa waktu ke depan termasuk tes psikotes, tes kesehatan dan tes fisik, diselingi dengan latihan-latihan reguler.

"Hasil tes fisik yang membuat kami mengetahui kapasitas fisik pemain akan dijadikan acuan penyusunan jadwal persiapan. Untuk taktik, kami sudah mulai mencari kerangka timnas U-19," ujar Indra.




Sumber: Antara/PSSI
ARTIKEL TERKAIT