Bimbingan teknis jelang bergulirnya kompetisi sepakbola Liga Pelajar U-16 Piala Menpora.

Bimtek Awali Liga Pelajar U-16 Piala Menpora 2017

Bimbingan teknis jelang bergulirnya kompetisi sepakbola Liga Pelajar U-16 Piala Menpora. (istimewa)

Jakarta – Kompetisi sepakbola Liga Pelajar U-16 Piala Menpora kembali bergulir tahun ini. Kegiatan bimbingan teknis (bimtek) di Hotel Grand Tropic Jakarta, 20-22 April 2017, mengawali rangkaian panjang kompetisi yang akan berpuncak pada 9 September 2017 di Magelang (Jawa Tengah) itu.

Bimtek yang diikuti 34 Koordinator Provinsi dari seluruh Tanah Air itu dibuka Deputi Pembudayaan Olahraga pada Kempora RI, Dr Rd. Isnanta. Dalam sambutannya, Isnanta mengapresi pergelaran Liga Pelajar U-16 tahun lalu yang berlangsung semarak dan mendapat publikasi luas.

Bahkan partai puncaknya antara Diklat Persib (Jabar) lawan Diklat Persebaya (Jatim), 9 September 2016, terbilang fenomenal. Untuk pertama kalinya, sebuah pertandingan kelompok usia U-16 tingkat nasional ditonton sekitar 25.000 penonton yang memadati Stadion Gelora Delta Sidoarjo.

“Tahun ini pergelaran Liga Pelajar U-16 diharapkan lebih sukses lagi. Terutama dari segi kepesertaan,” kata Isnanta yang didampingi Arifin Majid (Asdep Pengelolaan Olahraga Pendidikan) dan Teguh Raharjo (Asdep Sentra Keolahragaan), pengelola LSP U-14.

“Sesuai amanat Presiden Jokowi, Kempora berharap semakin banyak pelajar yang terlibat ikut kegiatan ini.”

Tahun lalu, Liga Pelajar U-16 digelar di 31 provinsi (minus Papua Barat, Sulawesi Tengah, Bangka Belitung) dan diikuti 1.139 tim peserta. “Tahun ini kami targetkan 1.400-1.500 klub, SSB, atau akademi sepak bola yang berpartisipasi,” Arifin menambahkan.

Untuk itu, tahun ini format penyelenggaraan Liga Pelajar diperluas dengan mendorong setiap kabupaten/kota menggelar seri region tersendiri.

“Mudah-mudahan tahun ini 50 persen kabupaten/kota di seluruh Tanah Air bisa berpartisipasi sehingga lebih banyak bibit pemain berbakat yang terjaring,” ujar Ketua Panpel Nasional, Mohamad Kusnaeni.

Melalui Liga Pelajar U-16 Piala Menpora 2016 telah muncul dua pemain yang lolos ke tim nasional U-19 asuhan Indra Sjafri, yakni M. Agil Savik dan Deka M. Toha dari Jabar. Sementara di tim nasional U-16 bahkan ada sembilan alumnus Liga Pelajar U-16 yang masuk tim pilihan coach Fakhri Husaini.

 



Iman Rahman Cahyadi/CAH

BeritaSatu.com