Timnas Indonesia
Skuad Timnas ini akan berlaga melawan Inter Milan, terjun di turnamen Filipina dan Timor Leste, serta bertanding melawan Timnas Argentina.

Sebanyak 20 pemain akan memperkuat Tim Nasional (Timnas) PSSI Senior dalam turnamen sepak bola Al Nakbah di Palestina, 13-23 Mei 2012, kata Asisten Pelatih Fabio Oliviera.

"Dari 23 pemain Tim Nasional PSSI Senior yang selama ini menjalani pemusatan latihan di Stadion Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) terpilih 20 pemain," kata Fabio di Yogyakarta, Sabtu.

Menurut dia, tiga pemain yang tidak terpilih mengikuti turnamen Al Nakbah di Palestina adalah Rendi Irawan dari Persebaya Surabaya serta Jecky Pasarella dan Markus Horison dari PSMS Medan.

"Sebenarnya pelatih kepala Nil Maizar minta membawa 23 pemain, tetapi dari PSSI ada permintaan hanya membawa 20 pemain. Idealnya memang membawa 23 pemain untuk berlaga di Palestina, tetapi kami harus memenuhi kuota dari PSSI," imbuhnya.

Lebih lanjut Oliviera mengatakan, pemain yang tidak berangkat ke Palestina hendaknya tidak berkecil hati, karena timnas merupakan program jangka panjang.

Selain Palestina, Timnas juga akan berlaga melawan Inter Milan, mengikuti turnamen di Filipina dan Timor Leste, serta bertanding melawan Timnas Argentina.

"Jadi, Timnas PSSI Senior mempunyai banyak agenda. Semua itu merupakan proses yang harus dijalani para pemain dan menjadi ajang evaluasi bagi Timnas PSSI Senior," kata Fabio.

Ke-20 pemain Timnas PSSI:
Wahyu Tri Nugroho, Wahyu Wijiastanto, Nopendi, Slamet Nurcahyo (Persiba Bantul)
Irfan Bachdim, Kim Jeffrey Kurniawan (Persema Malang)
Titus Bonai (Persipura Jayapura).
Yosua Pahabol, Jandia Eka Putra (Semen Padang)
Endra Prasetya, Taufiq (Persebaya)
Hendra Adi Bayauw, Hamdi Ramdhan (Persija),
Muhammad Nur Iskandar, Jajang Paliama, Samsul Arif Munif, Novan Setya Sasongko (Persibo Bojonegoro)
Abdul Musawir (Persiraja Banda Aceh)
Rahmat Syamsuddin (PSM Makassar)
Oktovianus Maniani (Persiram Raja Ampat)

Penulis: