Ilustrasi penonton Liga Indonesia.
Verifikasi ini dilakukan sebagai salah satu syarat bagi klub yang bakal berlaga di kompetisi mendatang.

PT Liga Indonesia (PT LI) melakukan langkah cepat untuk melakukan verifikasi mengenai syarat dan kelengkapan tim yang akan tampil di kompetisi musim depan. Verifikasi ini tak dilakukan hanya untuk klub ISL, tapi juga untuk klub promosi Divisi Utama.

Verifikasi tersebut akan dilakukan PT LI pada 13 – 20 November 2012. Pihak Liga bakal melakukan inspeksi stadion kepada enam klub promosi yang akan berlaga di Divisi Utama dan dua klub promosi ISL. 
 
“Verifikasi ini menjadi agenda wajib kami, terkait pemenuhan kelengkapan dan persyaratan infrastruktur klub bersangkutan jelang kompetisi,” papar Joko Driyono, CEO PT Liga Indonesia, hari ini, Senin (12/11).
 
Klub ISL yang bakal diverifikasi adalah Barito Putera dan Persepam Pamekasan.

Barito Putera sudah mengajukan Stadion Indrasari sebagai markas. Pihak Liga akan melakukan verifikasi pada tanggal 15 November 2012. Sementara itu Persepam sudah mengajukan dua nama, yakni Stadion Gelora Bangkalan dan Stadion Ahmad Yani, Sumenep, dimana kedua stadion itu akan diverifikasi pada 18 November.

Sementara itu enam klub promosi Divisi Utama yang akan diverifikasi adalah klub Persipur Purwodadi (13 November 2012), Persisko Bangko (13 November 2012), PS Bangka (16 November 2012), Persipas Paser (17 November 2012), Perseka Kaimana (19 November 2012) dan Persebo Bondowoso (20 November 2012).

Dari keenam klub yang akan berlaga di Divisi Utama, Persisko Bangko menjadi klub yang paling banyak mengajukan stadion untuk diverifikasi. Persisko mengajukan tiga stadion yaitu Stadion Bumi Masurai, Stadion Persitaj Tanjung Jabung Barat, dan  Stadion Tri Lomba Juang, Jambi.

Liga akan melakukan inpeksi dan verifikasi stadion tersebut secara komperehensif. Aspek utama dalam stadion, seperti lapangan, tribun, ruangan, fasilitas media, hingga penerangan akan menjadi perhatian utama.

“Kita juga akan mengecek perihal hotel akomodasi yang direkomendasikan, tempat latihan hingga penghitungan jarak antara bandara ke stadion,” ungkap Somad, salah satu anggota tim inspeksi yang akan bertugas ke Persisko, PS Bangka, PS Bondowoso, dan Persepam.

Penulis:

Sumber:Liga Indonesia