Timnas Indonesia.
Laos bisa memberikan kejutan di Piala AFF.

Timnas Garuda tidak akan menganggap remeh kemampuan Timnas Laos yang menjadi lawan perdananya pada Piala AFF 2012 di Stadion Bukit Jalil Malaysia, Minggu (25/11).

Pelatih Timnas Nil Maizar di Kuala Lumpur, Sabtu (24/11) mengatakan, Laos merupakan salah satu tim yang memiliki pemain yang bagus sehingga harus diwaspadai setiap gerakan yang dilakukan.

"Untuk menghadapi Laos butuh konsentrasi lebih. Mereka pasti memberikan perlawanan karena juga pengen menang," katanya di Hotel Golden Horses dimana Timnas menginap.

Lebih lanjut menurut Nil, untuk mengetahui kekuatan calon lawan, jajaran pelatih terus melakukan pemantauan. Tim pelatih juga mempelajari rekaman pertandingan Timnas Laos saat melakukan pertandingan ujicoba.

Dengan mempelajari rekaman pertandingan, sedikit banyak pihaknya mengetahui pola permainan calon lawan meski pola itu belum tentu dapat diaplikasikan pada pertandingan berhadapan dengan Indonesia.

"Untuk persiapan saya kira sudah cukup. Apalagi ditambah dengan dari semua pemain dan osicial. Kami berharap mampu memberikan yang terbaik," kata mantan pelatih Semen Padang itu.

Timnas Garuda saat menghadapi Laos dipastikan turun dengan kekuatan penuh dan kemungkinan akan turun dengan formasi 4-4-2 seperti yang dilakukan saat latihan maupun pertandingan ujicoba.

Untuk lini depan kemungkinan besar akan diisi duet Bambang Pamungkas dan Irfan Bachdim. Kedua pemain ini akan ditopang lini kedua yaitu Andik Vermansyah, Tonnie Cusell, Taufiq dan Oktovianus Maniani.

Sedangkan lini belakang akan diisi kuarter Novan Setya Sasongko, Wahyu Wijiasnanto, Hamdi Ramdan dan Nopendi. Untuk posisi penjaga gawang kemungkinan besar dihuni oleh Endra Prasetya.

Kekuatan Timnas Garuda ini juga bertambah setelah proses administrasi kewarganegaraan bagi pemain blasteran Indonesia-Belanda yaitu Raphael Maitimo telah beres dan telah didaftarkan ke AFF bersama 21 pemain lainnya.

Persiapan Laos
Sementara itu pelatih Loas, Kokichi Kimura mengaku belum mengetahui dengan pasti kekuatan Timnas Indonesia. Selama ini pihaknya hanya memantau kekuatan Indonesia dari siaran televisi.

"Indonesia adalah tim yang bagus. Besok adalah pertandingan yang bagus," katanya saat dikonfirmasi.

Menurut dia, guna menghadapi Timnas Indonesia pihaknya telah mempersiapkan diri dengan baik termasuk menyiapkan beberapa formasi untuk menghadang tekanan dari tim lawan.

"Tergantung situasi. Kemungkinan kami akan bermain dengan 4-5-1 atau bisa saja 4-1-4-1," kata mantan manajer klub J-League, Yokohama F Marinos itu.

Setelah menghadapi Laos, Timnas Garuda selanjutnya ditantang Singapura, Rabu (28/11) dan di pertandingan terakhir menghadapi tuan rumah Malaysia, Sabtu (1/12).

Penulis:

Sumber:Antara