Ilustrasi Kilang Minyak

Kotabaru, Kalimantan Selatan - PT Pertamina (persero) mematangkan pembangunan kilang minyak di wilayah Kabupaten Kotabaru Provinsi Kalimantan Selatan.

"Kabupaten Kotabaru sudah masuk dalam perencanaan pembangunan kilang minyak Pertamina," kata Bupati Kotabaru, H Irhami Ridjani, di Kotabaru, Sabtu (13/4).

Menurut Vice President Asset Management PT Pertamina, Ghatot Harsono, perairan Kotabaru merupakan jalur laut internasional yang memiliki perairan cukup dalam, sehingga memungkinkan kapal-kapal besar bersandar di pelabuhan ini.

Setelah mendapatkan informasi tersebut, Bupati Irhami menyambut baik rencana pembangunan kilang minyak di Kabupaten Kotabaru.

"Saya segera meminta satuan kerja perangkat daerah terkait, agar mempersiapkan persyaratan untuk pembangunan kilang minyak di Kotabaru," ujar Irhami.

Bupati berharap, keberadaan kilang minyak di Kotabaru tidak hanya memudahkan masyarakat Kotabaru mendapatkan distribusi bahan bakar minyak (BBM) sesuai kebutuhan, namun juga berdampak positif untuk meningkatkan pendapatan dan perekonomian masyarakat Kotabaru, sekaligus membuka lapangan kerja bar.

Perairan di Kotabaru merupakan Alur Laut Kepulauan Indonesia (ALKI) II. Alur Laut Kepulauan Indonesia (ALKI) I terdapat di Selat Malaka, ALKI II Selat Makassar, dan perairan Papua (diproyeksikan sebagai ALKI III). Daerah perairan tersebut merupakan kawasan strategis yang padat lalu lintas kapal-kapal besar internasional.

Penulis: /WBP

Sumber:Antara