Ini Fasilitas Baru di Bandara Wamena

Ini Fasilitas Baru di Bandara Wamena
Ilustrasi bandara ( Foto: Antara )
Tri Murti / MUR Selasa, 29 Desember 2015 | 13:39 WIB

Jakarta- Kementerian Perhubungan (Kemhub) telah menyelesaikan pembangunan gedung terminal penumpang Bandara Wamena, Jayawijaya, Papua pada akhir tahun 2015. Bandara yang rencananya diresmikan Presiden Joko Widowi besok (Rabu, 30/12) telah memiliki fasilitas yang lebih lengkap. Dari segi arsitektur, Bandara Wamena terlihat lebih megah yang didesain dengan mempertahankan budaya lokal setempat yaitu bergaya “Rumah Honai”. Dengan luas terminal 4.000 m2, bandara Wamena kini dapat menampung hingga 228 penumpang dengan fasilitas lengkap, seperti lima buah konter check-in, kursi penumpang di ruang boarding, ruangan ber-AC, dan toilet.

“Pembangunan terminal Bandara dilakukan sesuai dengan standar keselamatan dan sangat memperhatikan kebersihan dan kenyamanan penumpang,” kata Kepala Pusat Komunikasi Kementerian Perhubungan (Kapuskom) JA Barata dalam pernyataan tertulisnya, Selasa (29/12).

Di sisi airside, Bandara Wamena memiliki dua tempat parkir pesawat (taxi way) seluas 180 m x 45 m dan 356 m x 45 m dan 5 jalur taxi way. Saat ini bandara Wamena memiliki panjang runway 2.175 m x 30 m yang bisa didarati pesawat berbadan besar seperti Boeing 737-300.

Dengan pengembangan Bandara Wamena ini, diharapkan dapat meningkatkan mobilitas dan aksesibilitas bagi masyarakat Papua, khusunya Wamena. Saat ini Bandara Wamena melayani penerbangan domestik oleh empat maskapai penerbangan yaitu Trigana Air, Wings Air, Susi Air, dan Travel Air, yang kebanyakan melayani penerbangan perintis. Beberapa penerbangan perintis yang dilayani, yaitu Wamena-Sobaham, Wamena-Kenyam, Wamena-Mapenduma, Wamena-Mugi, Wamena-Kobagma masing-masing satu kali; Wamena-Tiom, Wamena-Dekai, Wamena-Elilim, Wamena- Mamit masing-masing dua kali sehari;  dan Wamena-Karubaga tiga kali sehari

Dalam kurun waktu lima tahun (2010-2014), rata – rata bandara Wamena melayani penumpang hingga 200 ribu lebih per tahunnya. Pada tahun 2014, tercatat jumlah penumpang pertahun sebanyak 254.458 penumpang, jumlah pergerakan pesawat sebanyak 36.022 per tahun dan jumlah barang/kargo yang diangkut mencapai 124.742.590 kg.

Sumber: Investor Daily
CLOSE