Pekerja beraktivitas di pabrik keramik PT. Arwana Citramulia Tbk, Serang, Banten.

Arwana Resmikan Pabrik Baru Rp 300 Miliar

Pekerja beraktivitas di pabrik keramik PT. Arwana Citramulia Tbk, Serang, Banten. (Antara)

Jakarta – PT Arwana Citramulia Tbk meresmikan pabrik kelima di Mojokerto, Jawa Timur, yang menelan investasi Rp 300 miliar. Tenaga kerja yang diserap pabrik ini mencapai 350 orang.

CEO Arwana Citramulia Tendean Rustandy mengatakan, perseroan memiliki pabrik di Banten, Jawa Barat, Jawa Timur, dan Sumatera Selatan, serta menambah kapasitas produksi terpasang dengan membangun pabrik kelima di Mojokert. Seiring dengan itu, total kapasitas produksi terpasang perseroan naik dari 49,37 juta m2 per tahun menjadi 60 juta m2 per tahun.

“Pembangunan pabrik kelima dengan kapasitas produksi 8 juta m2 per tahun iniselesai dibangun dan berproduksi sejak Agustus 2016,” ujar Tendean pada peresmian pabrik itu, Senin (9/1).

Sementara itu, Menperin Airlangga Hartarto yang hadir pada acara itu menuturkan, industri keramik nasional menunjukkan kinerja positif, dengan pertumbuhan volume penjualan 10-15% menjadi 385-402 juta m2 pada 2016.

“Kami mengapresiasi Arwana Citramulia yang berkontribusi terhadap industri keramik nasional dengan membangun pabrik baru,” kata dia.

Berdasarkan data Kementerian Perindustrian (Kemenperin), kapasitas produksi terpasang ubin keramik nasional mencapai 580 juta m2 dengan realisasi produksi 350 juta m2 pada 2016. Dari jumlah itu, sebanyak 87% produksi dipasarkan di dalam negeri, sedangkan sisanya diekspor ke negara-negara Asia, Eropa dan Amerika. “Produksi keramik nasional, antara lain ubin, tableware, sanitari, genteng (rooftile),” sebut Airlangga.



Investor Daily

Harso Kurniawan/HK

Investor Daily