Kemhub Kembali Operasikan 25 Jembatan Timbang

Ilustrasi Jembatan Timbang (Istimewa)

Oleh: Thresa Sandra Desfika / FER | Jumat, 21 April 2017 | 17:07 WIB

Tuban - Kementerian Perhubungan (Kemhub) mengoperasikan kembali 25 unit jembatan timbang mulai 21 April 2017. Hal itu ditandai dengan peresmian secara simbolis pengoperasian 25 unit jembatan timbang oleh Direktur Jenderal Perhubungan Darat Kemhub, Pudji Hartanto, di jembatan timbang Widang, Tuban, Jawa Timur (Jatim), Jumat (21/4).

"Peresmian pengoperasian 25 Unit jembatan timbang ini bertujuan untuk meningkatkan pelayanan transportasi darat kepada masyarakat, khususnya terkait keselamatan, keamanan dan pelayanan transportasi darat," kata Pudji.

Pudji menyatakan, pihaknya akan selalu meningkatkan kualitas pelayanan dan kelayakan jembatan timbang. "Tidak ada lagi pungli (pungutan liar) di jembatan timbang," tegas Pudji.

Menurutnya, ada tiga manfaat dari pengoperasian jembatan timbang, yang pertama tidak ada lagi kendaraan bermuatan lebih. Kedua, lalu lintas lancar, tidak macet dan minim kecelakaan. Ketiga, jalan lebih awet dan tidak cepat rusak.

Undang-undang (UU) Nomor 23 Tahun 2014 tentang pemerintahan daerah (Pemda) mengamanatkan bahwa sejak 1 Januari 2017, pengelolaan jembatan timbang beralih ke pemerintah pusat dalam hal ini Kemhub.

"Adanya perubahan kewenangan terhadap pengelolaan jembatan timbang adalah sebagai salah satu langkah dalam upaya menjalankan fungsi pengawasan secara ketat agar pengoperasian jembatan timbang dapat terlaksana dengan baik dan sesuai dengan ketentuan yang berlaku," tambah Pudji.




Sumber: Investor Daily
ARTIKEL TERKAIT