Selebrasi pemain Arsenal Lukas Podolski (kiri) dan Santi Cazorla.

Siaran langsung MNC TV Minggu (28/4) 21:30 WIB

London – Menjamu Manchester United, Minggu (28/4), Arsenal masih mengejar satu misi penting mengejar norma Liga Champions musim depan. Kepergian Robin van Persie ke Manchester United di awal musim menjadi salah satu penyebab mengapa The Gunners justru melempem mendekati tengah musim ini.

Arsenal mendatangkan Lukas Podolski dan Olivier Giroud untuk menambal kepergian sang mantan kapten. Sayangnya kendati Podolski dan Giroud bisa menyesuaikan diri, Arsenal tetap kehilangan van Persie yang menjadi roh mereka di musim sebelumnya.

Kini van Persie akan bermain untuk pertama kalinya di Stadion Emirates sejak menyeberang ke Old Trafford di awal musim 2012/13. Van Persie bahkan kembali ke Emirates dengan status sebagai juara Premier League.

Arsenal sendiri akan melakukan upacara penghormatan juara (guard of honour) bagi MU sebelum pertandingan digelar.

Pelatih Arsenal Arsene Wenger telah menegaskan bahwa tradisi sepak bola Inggris itu harus dihormati dan dilakukan.

Sayangnya sebagian pendukung fanatik Arsenal mengancam akan memboikot dengan membalikkan badan saat guard of honour dilakukan. Ini terjadi sebagai pembalasan terhadap van Persie yang dianggap sebagai pengkhianat dengan hijrah ke Setan Merah.

Arsenal sendiri masih mengejar misi menembus posisi empat besar untuk berlaga di Liga Champions musim depan. Dengan empat pertandingan tersisa, The Gunners harus memburu kemenangan untuk mengamankan satu tempat di peringkat empat besar.

Setelah menjamu MU, Arsenal akan bertandang ke markas Queens Park Rangers, menjamu Wigan Athletics, dan melawan ke Newcastle.

Kendati di tiga laga terakhir Arsenal bakal bertemu tim papan bawah, bukan berarti The Gunners bakal dengan mudah mengais poin. Ini terjadi karena baik Wigan, Newcastle maupun QPR tengah terancam degradasi.

Dan ancaman tergusur ke Championship musim depan bisa melipatgandakan motivasi ketiga tim tersebut kala bertemu Arsenal.

Sebaliknya laga melawan MU justru menjadi partai yang bisa dimanfaatkan sepenuhnya bagi Arsenal. MU sudah tak lagi memburu poin di sisa laga mereka.

Yang kini menjadi fokus pelatih Alex Ferguson adalah menjaga kehormatan serta gengsi di empat pertandingan terakhir.

Fergie bisa melakukan rotasi pasukan Setan Merah usai mengamankan gelar Premier League ke-20 mereka, Senin (15/4) lalu. Jika rotasi yang dilakukan Ferguson maka menjadi kesempatan bagi Arsenal untuk meraih kemenangan di Emirates.

Tapi itu bukan berarti MU bisa dengan mudah ditundukkan Arsenal – bahkan di Emirates sekalipun. MU tak terkalahkan di 10 laga tandang Premier League terakhir mereka.

MU bahkan meraih sembilan kemenangan dan hanya kalah sekali dari 11 pertemuan terakhir melawan Arsenal di semua ajang kompetisi.

Arsenal sendiri hanya berhasil meraih empat angka dari tujuh pertandingan melawan lima tim teratas Premier League dimana empat klub lainnya setidaknya berhasil mengamankan 10 poin.

Catatan statistik lain adalah Arsenal memang tim dengan pertahanan terbaik di laga tandang, tapi soal partai kandang justru sebaliknya.

The Gunners berada di peringkat ke-13 soal kemasukan gol di kandang, mereka sudah kebobolan 21 gol saat menjamu lawan di Emirates.

Tapi jika melihat grafik permainan, justru Arsenal yang tengah menuju performa terbaik mereka. Sejak menundukkan Bayern Muenchen, 2-0 di Allianz Arena, 14 Maret lalu, The Gunners tak terkalahkan di tujuh laga terakhir mereka.

Satu-satunya hasil imbang terjadi saat Arsenal menjamu Everton Rabu (17/4) lalu.

Sebaliknya MU di tujuh pertandingan terakhir justru menelan dua kekalahan, sekali imbang dan empat kemenangan.

Motivasi serta dukungan dari publik Emirates menjadi pelecut bagi Arsenal untuk meraih tiga poin kala menjamu MU.

Di sisi lain Setan Merah tentunya tak ingin dipermalukan Arsenal, apalagi mereka datang dengan status sebagai juara musim ini.

Premier League 2012/13 pekan ke-25
Arsenal vs Manchester United
Stadion Emirates, London
Wasit: Phil Dowd

Perkiraan pemain:
Arsenal (4-2-3-1)
1-Szczesny
3-Sagna, 6-Koscielny, 4-Mertesacker, 28-Gibbs
8-Arteta, 16-Ramsey
14-Walcott, 10-Wilshere, 19-Cazorla
9-Podolski
Pelatih: Arsene Wenger

Manchester United (4-2-3-1)
1-De Gea
3-Evra, 15-Vidic, 5-Ferdinand, 2-Da Silva
23-Cleverley, 16-Carrick
26-Kagawa, 10-Rooney, 7-Valencia
20-Van Persie
Pelatih: Alex Ferguson

Lima Pertemuan Terakhir:
03/11/12 Premier League Manchester United 2 - 1 Arsenal
22/01/12 Premier League Arsenal 1 - 2 Manchester United
28/08/11 Premier League Manchester United 8 - 2 Arsenal
01/05/11 Premier League Arsenal 1 - 0 Manchester United
13/03/11 Piala FA Manchester United 2 - 0 Arsenal

 

Penulis: Yudo Dahono/YUD

Sumber: Guardian, Goal, Soccerway