David Moyes (kiri) dan Rafael Benitez.

Siaran langsung MNC TV, Minggu (19/5) pukul 22.00 WIB

London - Pertandingan penutup musim ini bagi dua tim yang bakal tampil di Stamford Bridge, Minggu (19/5), punya arti khusus terutama bagi pelatih masing-masing. Tepatnya, sama-sama penting untuk meninggalkan kesan positif dari kiprah mereka selama ini, baik bagi Rafael Benitez yang segera berakhir kontrak setengah tahunnya di Chelsea, maupun bagi manajer Everton, David Moyes, yang sudah akan memimpin tim baru musim depan.

Sebagai orang yang sudah resmi ditunjuk menggantikan posisi Sir Alex Ferguson di Manchester United (MU), Moyes mungkin sebenarnya tak perlu membuktikan apa-apa lagi, setidaknya saat ini, kepada MU. Namun, adalah pembuktian keberadaan dan kemampuannya di Everton yang agaknya perlu ditunjukkan Moyes di laga terakhir ini. Artinya, ia tentu ingin meninggalkan hasil sekaligus kesan positif semaksimal mungkin, termasuk dengan menaklukkan tim kuat Chelsea di laga penutup musim kompetisi.

Secara teknis di klasemen, kemenangan pun sebenarnya tidak akan mengangkat lagi posisi Everton dari urutan ke-6 (dengan poin sementara 63). Hal itu lantaran Tottenham Hotspur (Spurs) yang ada di atasnya sudah mengantongi poin 69. Sementara jika kalah, Liverpool (urutan 7) yang kini mengemas 58 poin juga tak akan bisa mengejar perolehan nilai mereka.

Justru dalam hal ini, perolehan poin bisa mempengaruhi nasib Chelsea yang kini mengemas nilai 72 di posisi 3, hanya unggul 2 poin dari Arsenal (70). Imbang apalagi kalah, bisa membahayakan posisi The Blues sekaligus jatah ke Liga Champions yang tentu tak ingin dilepaskan. Pasalnya, Arsenal yang akan menghadapi Newcastle, berpeluang dan pasti bertekad penuh meraih hasil maksimal. Spurs yang akan menjamu Sunderland bisa saja ikut menyamai nilai Chelsea, namun tak termasuk mengancam.

Secara emosional pribadi, di sinilah letak menariknya laga ini bagi kedua manajer. Sekadar catatan, baik Moyes maupun Benitez, sebenarnya terbilang relatif berhasil dalam memimpin tim masing-masing. Moyes di satu sisi, jelas mampu membuat Everton menjadi kekuatan yang senantiasa mengancam tim-tim besar "tradisional", serta telah terbukti kemampuannya diakui petinggi MU dan direkomendasikan langsung oleh Alex Ferguson.

Akan halnya Benitez, hanya bertugas sekitar 6 bulan, nyatanya dia mampu membuat Chelsea sejauh ini cuma tertinggal dari dua tim kuat yang bersaing ketat, yaitu MU dan Manchester City. Bahkan Benitez bisa berbangga karena mampu mempersembahkan satu trofi bergengsi bagi Chelsea musim ini, yakni Liga Europa. Roberto Mancini yang gagal memberi satu trofi pun bagi City musim ini malah baru saja dipecat.

Siapa pelatih Chelsea berikutnya memang belum dipastikan, meski rumor yang beredar kencang adalah Jose Mourinho yang agaknya bakal kembali memimpin klub itu. Demikian juga soal akan ke mana Benitez usai musim ini berakhir. Sang pelatih asal Spanyol mengindikasikan memilih tetap di Liga Inggris, dengan prioritas pada tim besar, atau tim biasa yang punya "proyek (masa depan) menjanjikan". Namun jika tidak di Inggris pun, Benitez mengaku bisa saja tertarik.

Di luar Inggris, kemungkinan nama calon klub baru Benitez yang sudah sempat beredar adalah Napoli (Italia) dan Paris Saint-Germain (Prancis). Sementara di Inggris --ini yang membuat tambah menarik-- justru salah satu yang kuat digosipkan adalah Everton. Untuk yang terakhir ini, Benitez sempat menyatakan akan "sulit merealisasikannya", meski dia juga tidak pernah membantah atau menyatakan tidak sama sekali. Lagipula, keluarga Benitez sampai sekarang masih tinggal di Merseyside, serta tampaknya betah di sana.

Apa pun yang akan terjadi setelah ini, hasil laga malam ini akan penting artinya, serta bisa jadi menentukan langkah dan kiprah Benitez maupun Moyes selanjutnya. Ini laga krusial yang juga bakal bernuansa emosional.

Data Pertandingan Chelsea vs Everton
Laga: Matchday ke-38 Liga Inggris (EPL) 2012-2013
Hari/tanggal: Minggu, 19 Mei 2013
Venue: Stadion Stamford Bridge, London

Lima laga terakhir Chelsea:
03/05/13: Chelsea 3-1 Basel (Europa)
05/05/13: MU 0-1 Chelsea (EPL)
09/05/13: Chelsea 2-2 Tottenham Hotspur (EPL)
11/05/13: Aston Villa 1-2 Chelsea (EPL)
16/05/13: Benfica 1-2 Chelsea (Europa)

Prakiraan line-up Chelsea (4-2-3-1):
1-P. Cech; 3-A. Cole, 24-G. Cahill, 2-B. Ivanovic, 28-Azpilicueta; 4-David Luiz, 7-Ramires; 13-V. Moses, 11-Oscar, 10-Mata; 9-F. Torres.
Pelatih: Rafael Benitez (Spanyol)

Lima laga terakhir Everton:
17/04/13: Arsenal 0-0 Everton (EPL)
20/04/13: Sunderland 1-0 Everton (EPL)
27/04/13: Everton 1-0 Fulham (EPL)
05/05/13: Liverpool 0-0 Everton (EPL)
12/05/13: Everton 2-0 West Ham (EPL)

Prakiraan line-up Everton (4-4-1-1):
24-T. Howard; 6-P. Jagielka, 3-L. Baines, 15-S. Distin, 23-S. Coleman; 22-S. Pienaar, 21-L. Osman, 4-D. Gibson, 11-K. Mirallas; 25-M. Fellaini; 28-V. Anichebe.
Pelatih: David Moyes (Skotlandia)

Penulis: Arsito Hidayatullah

Sumber:Soccerway, Mirror