Gareth Bale (Tottenham Hotspur).

Jakarta - Gelandang Tottenham Hotspurs, Gareth Bale, akhirnya bergabung ke Real Madrid setelah transfer senilai 86 juta pound sterling, sekitar Rp 1,45 triliun, disepakati pada Minggu malam (25/8). Dia akan bermain untuk Los Blancos selama enam tahun ke depan.

Presiden Spurs, Daniel Levy, sudah menandatangani transfer Bale setelah berbicara dewan direktur Spurs di White Hart Lane. Nilai transfer Bale ke Madrid memecahkan rekor pemain termahal di dunia yang sebelumnya dipegang oleh Christiano Ronaldo. Madrid membeli Ronaldo dari Manchester United dengan harga 80 juta pounds pada 2009.

Levy berangkat ke Madrid, Spanyol, untuk menyepakati mega transfer itu bersama agen Bale, Jonathan Barnett dan direktur olahraga Spurs, Franco Baldini di Madrid. Mereka diduga bertemu Presiden Madrid, Florentino Perez, yang menentukan besaran nilai transfer tersebut.

Madrid dibolehkan menyicil sebanyak tiga kali untuk melunasi pembayaran atas Bale. Levy juga memberi diskon jika Madrid bisa melunasi pembayaran itu lebih cepat dari yang dijanjikan. Sementara itu gaji Bale selama di Madrid akan sebesar 300.000 pounds per pekan (sekitar Rp 5,069 miliar).

Sebelumnya, pelatih Spurs, Andre Villas Boas, yang berbicara Minggu malam usai menyaksikan timnya mengalahkan Swansea City 1-0, mengatakan bahwa nasib Bale di Spurs akan ditentukan di dua hari ke depan.

"Transfer itu belum tentu terwujud. Semoga Anda akan mendengar beritanya dalam dua hari ke depan, tetapi saat ini tidak ada yang bisa saya informasikan kepada Anda," kata pelatih asal Portugal itu.

Dia juga mengakui bahwa Bale diberikan waktu libur selama dua hari, sejak kemarin, dan tidak mewajibkan pemain itu berada di pinggir lapangan ketika rekan-rekannya bertarung melawan Swansea. Bale diketahui berada di Madrid ketika laga itu berlangsung.

Penulis: Liberty Jemadu

Sumber:Daily Mail