Menang di West Brom, Liverpool Kembali ke Posisi Ketiga

Penyerang Liverpool, Roberto Firmino (kiri), dibayangi pemain West Bromwich Albion, Craig Dawson dalam pertandingan Minggu, 16 April 2017. (AFP)

Oleh: Jaja Suteja / JAS | Minggu, 16 April 2017 | 21:26 WIB

West Bromwich - Liverpool memetik kemenangan 1-0 dalam pertandingan lanjutan Premier League melawan tuan rumah West Bromwich Albion, Minggu (16/5), di Stadion The Hawthorns. Gol yang mengantar Liverpool meraih poin maksimal dilesakkan Roberto Firmino di pengujung babak pertama.

Sukses ini membuat Liverpool memuluskan jalan meraih tiket Liga Champions. Kemenangan ini mengangkat posisi Liverpool kembali ke posisi ketiga menggeser Manchester City. Kini James Milner dan kawan-kawan bertengger di posisi ketiga unggul dua poin atas Manchester City

Untuk pertandingan ini manajer Liverpool Juergen Klopp tetap mengusung formasi 4-3-3. Roberto Firmino dan Philippe Coutinho kembali tampil sebagai starter di lini depan setelah absen saat melawan Stoke City.

Meski secara materi pemain, West Brom kalah oleh Liverpool namun pasukan Tony Pulis ini mampu memberikan perlawanan. Saat laga baru berlangsung dua menit, West Brom sudah mengancam. Sayangnya umpan Matt Phillips ttak mampu dimaksimalkan Hal Robson-Kanu.

Pada menit ke-12, tuan rumah kembali mendapat peluang. Phillips kembali mendapat bola dari Jake Livermore dan kemudian pemain sayap ini berangsek dari sayap kanan dan mencari ruang tembak. Namun tendangan kaki kirinya melebar.

Tiga menit kemudian Liverpool ganti mendapat peluang. Permainan mengandalkan umpan jarak jauh West Brom membuat mereka kerap menyisakan banyak ruang untuk Liverpool. Coutinho berhasil merebut bola dari Yacob dan membawa bola mendkati gawang lawan. Dia lalu melepaskan umpan kepada Firmino yang langsung melancarkan tendangan namun menyamping dari gawang.

Menit ke-23, West Brom kembali melakukan tekanan. Phillips melepaskan umpan lambung yang disambut Chadli. Dia terlihat akan mencetak gol namun Firmino berhasil membuang bola dengan kepalanya.

Semenit kemudian, Liverpool yang melakukan serangan. Coutinho berhasil melepaskan umpan dengan tendangan voli ke muka gawang. Sayang umpannya tak ada yang menyambut.

Upaya Liverpool akhirnya menemui hasil saat injury time babak pertama. Berawal dari tendangan bebas yang dikirim James Milner yang tak bisa dihalau para pemain West Brom. Firmino kemudian menyambutnya dengan sundulan dan menjebol gawang tuan rumah.

Memasuki babak kedua, kedua tim tetap bersemangat menyerang. Liverpool ingin menambah keunggulan, sementara West Brom bertekad mencetak gol.

Liverpool membuat tekanan dua kali dalam waktu dua menit. Pada menit ke-55, Firmino melepaskan umpan ke sisi kiri untuk Divock Origi. Striker The Reds itu langsung meelpaskan tendangan namun terbang dari sasaran.

Dua menit kemudian Milner menyia-nyiakan peluang menambah keunggulan. Giorginio Wijnaldum berhasil menembus barisan pertahanan dan mengoper bola kepada Firmino. Oleh mantan pemain Hoffenheim ini bola diberikan kepada Milner.

Sayang meski tak terkawal, mantan pemain Manchester City ini gagal melesakkan bola ke gawang. Tembakan volinya meleset dari sasaran.

Menit ke-79, Emre Can mendapat peluang mencetak gol namun tendangan pemain Timnas Jerman ini tidak akurat. Semenit kemudian West Brom mendapat peluang. Salomon Rondon berhasil melewati Matip dan menyodorkan bola kepada Phillips. Namun tendangan pemain sayap West Brom ini berhasil diblok kipe Liverpool, Mignolet.

Hingga pertandingan usai tak ada gol lagi yang terjadi. Liverpool pun pulang dengan tiga poin dari kemenangan ke-19 ini.

Susunan pemain:

West Bromwich Albion (4-2-3-1): 1. Ben Foster; 25. Craig Dawson, 23. Gareth McAuley, 6. Jonny Evans, 11. Chris Brunt; 24. Darren Fletcher, 5. Claudio Yacob (14. James McClean 64); 22. Nacer Chadli (7. James Morrison 61), 8. Jake Livermore, 10. Matt Phillips; 4. Hal Robson-Kanu (99. Salomon Rondon 64).

Liverpool (4-3-3): 22. Simon Mignolet, 2. Nathaniel Clyne, 6. Dejan Lovren, 32. Joel Matip, 7. James Milner; 5. Georginio Wijnaldum, 21, Lucas Leiva, 23. Emre Can; 11. Roberto Firmino, 27. Divock Origi (15. Daniel Sturridge 82), 10. Philippe Coutinho (18. Alberto Moreno 90+2).




Sumber: Spotinglife
ARTIKEL TERKAIT