Stadion Anfield.
Pekerjaan pemugaran Anfield sendiri akan memakan biaya sekitar Rp2,3 triliun.

Wacana membangun stadion baru Liverpool sudah bergulir selama satu dekade. Akhirnya, teka teki itu terjawab. Liverpool memutuskan bertahan di Stadion Anfield.

Fenway Sports Group, selaku pemilik baru Liverpool dikabarkan akan lebih memilih memugar Stadion Anfield. Ya, setelah direnovasi, kandang kebanggaan Liverpool itu akan memiliki kapasitas 60.000 tempat duduk, termasuk 7.000 bangku corporate. Saat ini, Anfield baru mampu memuat 45.000 orang.

Pekerjaan pemugaran Anfield sendiri akan memakan biaya sekitar 150 juta poundsterling atau sekitar Rp2,3 triliun. Biaya ini jauh lebih rendah ketimbang harus membangun stadion baru yang rencananya dibangun di kawasan Stanley Park. Untuk membangun stadion baru, biaya yang harus keluar diperkirakan mencapai 400 juta pound atau sekitar Rp6,2 triliun.

Keputusan ini memang belum final. Namun, pihak manajemen tengah mematangkannya. Dari rencana pemugaran antara lain perluasan tribun utama serta tribun Anfield Road.

Menambah kapasitas stadion memang menjadi sebuah keniscayaan bagi Liverpool. Dibandingkan klub lain, Liverpool terbilang memiliki stadion yang kecil.

Bandingkan Old Trafford milik Manchester United yang memiliki kapasitas 76.000 tempat duduk atau Stadion Emirates milik Arsenal dengan 60,000 tempat duduk. Besarnya kapasitas tempat duduk tentu berpengaruh langsung dengan pemasukan dari penjualan tiket pertandingan.

Penulis: