Pemain Manchester United sedang merayakan kemenangannya.

MANCHESTER United (MU) masih kokoh dan bisa dibilang cukup aman di puncak klasemen Liga Inggris (EPL) musim ini. Tim asuhan Sir Alex Ferguson itu sudah mengantongi 68 poin dari 27 pertandingan, unggul 12 poin dari Manchester City yang menguntit di posisi kedua.

Apalagi sehubungan dengan itu, lawan yang bakal dijamu MU di Old Trafford, Sabtu (2/3) malam ini, terbilang bukan tim tangguh, yaitu Norwich City. Tim yang dilatih Chris Hughton itu sekarang duduk di peringkat ke-12, dengan total poin 32 dari 27 pertandingan.

Faktor main di kandang juga tentunya menjadi elemen keunggulan dan pemberi ketenangan tersendiri bagi MU. Dalam hal ini, sebagaimana dikutip The Telegraph, Ferguson bahkan secara khusus menyebutkan satu bagian penting dari lapangan yang menurutnya bakal banyak membantu timnya.

"Kami tentu berharap bahwa kami akan mendapatkan keuntungan maksimal dari rangkaian pertandingan kandang ini," ungkap Ferguson, mengacu pada empat laga kandang yang akan mereka jalani ke depan, dimulai dari menjamu Norwich.

"Namun saya harus katakan, hal utama yang akan membantu kami adalah bahwa (kondisi) lapangan telah jauh lebih baik. Saat melawan Reading, kondisinya sudah lebih baik. Tidak sebagus di awal musim kompetisi tentunya, tapi sudah mendekati itu. Dan dengan rentang 10 hari antara laga versus Reading dan menjamu Norwich, saya berharap kondisinya akan kembali normal," sambungnya.

Bukan berarti bahwa Ferguson meremehkan begitu saja Norwich secara tim tentunya, dengan lebih banyak bicara soal lapangan. Tapi kenyataannya, saat ini memang ada setidaknya dua hal yang harus dipikirkannya juga, selain dari kesiapan tim melawan Norwich.

Yang pertama adalah laga leg kedua 16 besar Liga Champions melawan Real Madrid, pada 5 Maret mendatang, juga di Old Trafford. Di sisi lawan yang dihadapi, Real jelas jauh lebih berat daripada Norwich, di ajang yang juga pastinya sangat bergengsi. Seperti diketahui, leg pertama sendiri berkesudahan dengan skor 1-1 yang berarti MU punya keuntungan gol tandang.

Hal lain adalah kendala cedera beberapa pemain MU, termasuk Robin van Persie yang mendapatkan kecelakaan yang mencederai bagian panggulnya beberapa hari lalu. Sementara itu pemain lain seperti Wayne Rooney, pun masih belum fit dan diragukan kondisinya. Namun, di sinilah Ferguson justru diuji untuk bisa membagi fokus dengan baik.

Ferguson diyakini akan memanfaatkan laga melawan Norwich yang dinilai "kurang penting", untuk mengistirahatkan sejumlah pilar utamanya demi pertandingan menghadapi Real. Van Persie akan termasuk di dalamnya, dengan harapan besar bahwa penyerang andalan itu bakal benar-benar pulih jelang laga melawan Real.

Sementara sebaliknya, Rooney justru dipercaya bakal dipaksakan main oleh Ferguson di laga weekend ini. Tujuannya adalah untuk memaksimalkan ajang pemulihan kemampuan bagi sang striker yang saat ini masih dalam proses menuju kondisi 100 persen.

Di sisi sebaliknya, kubu Norwich justru seharusnya bisa memanfaatkan situasi ini. Bermain sebagai tim tamu yang jelas-jelas berada di bawah level lawan, Norwich berpeluang tampil mengejutkan sekaligus membungkam fans tuan rumah.

Apalagi karena Norwich adalah satu dari segelintir saja klub Liga Inggris yang terbukti mampu menekuk MU musim ini. Itu terjadi pada 18 November 2012 lalu, di kesempatan pertama perjumpaan keduanya di Norwich, dengan skor 1-0.

Hal positif lain yang bisa muncul dari Norwich adalah terkait keberadaan striker pinjaman mereka dari klub MLS, Sporting Kansas City, yakni Kei Kamara. Seperti dikethui, meski tampil sebagai cadangan, Kamara adalah pencetak gol penyeimbang ketika mereka menjamu Everton pekan lalu, yang akhirnya berbuah kemenangan 2-1.

Lebih dari itu, pemain asal Sierra Leone itu ternyata punya pengalaman bagus ketika sempat melawan MU, saat masih memperkuat Kansas dulunya.

"Kami bermain melawan United saat masih bernama Kansas City Wizards, dan mereka saat itu sedang dalam tur pra-musim di Amerika. Saya mencetak satu gol dan menghasilkan satu assist dalam pertandingan yang berakhir kemenangan 2-1 untuk kami. Semua pemain hebat mereka tampil saat itu. Jadi, saya bisa saja jadi pemain yang dijaga (MU) di laga kali ini," ujarnya serius.



Data Pertandingan
Laga: Matchday ke-28 Liga Inggris antara MU vs Norwich
Venue: Old Trafford, Manchester
Wasit: --


Lima laga terakhir MU:
03/02/2013: Fulham 0-1 MU (EPL)
10/02/2013: MU 2-0 Everton (EPL)
14/02/2013: Real Madrid 1-1 MU (Champions)
19/02/2013: MU 2-1 Reading (FA)
23/02/2013: QPR 0-2 MU (EPL)

Prakiraan pemain MU (4-4-1-1):
1-De Gea; 15-Vidic, 6-Evans, 28-Buttner, 12-Smalling; 18-Young, 11-Giggs, 17-Nani, 8-Anderson, 10-Rooney, 14-Hernandez.
Pelatih: Alex Ferguson


Lima laga terakhir Norwich:
26/01/2013: Norwich 0-1 Luton Town (FA)
31/01/2013: Norwich 1-1 Tottenham Hotspur (EPL)
02/02/2013: QPR 0-0 Norwich (EPL)
09/02/2013: Norwich 0-0 Fulham (EPL)
23/02/2013: Norwich 2-1 Everton (EPL)

Prakiraan pemain Norwich (4-4-2):
28-Bunn; 18-Garrido, 6-Turner, 5-Bassong, 2-Martin; 14-Hoolahan, 7-Snodgrass, 8-Howson, 4-Johnson; 9-Holt, 16-Kamara.
Pelatih: Chris Hughton

Penulis: Arsito Hidayatullah

Sumber:Telegraph/Soccerway