Headline Arsenal

Konsorsium asal Qatar dan Uni Emirat Arab berniat mendepak Stan Kroenke dari posisi pemegang saham mayoritas di klub Arsenal.

London - Sekelompok investor asal Timur Tengah mengajukan penawaran yang sensasional untuk mengambil alih klub sepakbola Arsenal dengan nilai tawaran mencapai 1,5 miliar Poundsterling atau sekitar Rp21 triliun.  

Konsorsium tersebut - mencakup investor kaya raya dari Qatar dan Uni Emirat Arab - telah berusaha keras untuk menjalin kesepakatan dengan pihak pemegang saham utama Arsenal selama empat bulan terakhir.

Karenanya, dalam waktu beberapa pekan ke depan, mereka berniat melakukan langkah besar untuk menggoyahkan kantong Stan Kroenke, pemegang saham mayoritas di klub Arsenal.

Pemodal asal Timur Tengah itu telah mengajukan penawaran 20 ribu Poundsterling atau sekitar Rp280 juta per lembar saham, untuk mengambil alih 66,64% kepemilikan saham konglomerat asal Amerika itu di The Gunners.

Jika kesepakatan itu terwujud, Kroenke bakal mendapat uang sebesar 830 juta Poundsterling atau sekitar Rp11,62 triliun, dengan estimasi keuntungan bersih sekitar 350 juta Poundsterling atau sekitar Rp4,9 triliun.

Hebatnya, tawaran yang sama juga dilontarkan kepada pemegang saham utama lainnya, Alisher Usmanov, yang memegang saham sebesar 29,11% di klub Arsenal.

Kelompok ini menginginkan total semua saham, meskipun mereka juga masih membuka kemungkinan untuk bekerja sama dengan Usmanov jika dirinya memutuskan untuk tidak menjual sahamnya.



Selain itu, pihak konsorsium asal Timur Tengah tersebut, telah mengutarakan niatnya untuk membawa Arsenal ke posisi puncak sepakbola dunia dengan rencana menghapus seluruh hutang klub yang mencapai angka 250 juta Poundsterling atau sekitar Rp3,5 triliun.

Investor raksasa ini juga bakal menempatkan dana terpisah untuk dipergunakan dalam transfer pembelian pemain dan menghentikan penjualan pemain bintang ke klub lain.

"Mereka ini adalah investor yang serius dengan uang yang serius. Mereka tidak bercanda dengan penawaran yang diajukan," jelas sumber yang dimiliki The Sun.

"Kroenke nampaknya harus segera menyadari, bahwa sekarang saatnya dia untuk keluar dari Arsenal," tambah sumber tersebut.

Penulis: Feriawan Hidayat/FER

Sumber: The Sun