Inspired Violet, kreasi Yuni Jie.
The Art of Understanding, kreasi Diana Nazir.
Collective Passion, karya Yuni Jie.
Violet merupakan warna yang kuat menyuarakan ketenangan, kebijakan, kejujuran, dan kebaikan.

Perusahaan cat dan pelapis AkzoNobel mengumumkan beberapa inspirasi yang diperkirakan menjadi tren di tahun mendatang. Tren warna tahunan yang mereka keluarkan, ColourFutures, menawarkan konsep pewarnaan untuk memberi kesan-kesan tertentu.

Untuk ColourFututres 2013, AkzoNobel mengambil tema "Connections", yang menceritakan tentang menyatunya segala sesuatu di dunia ini, terutama dalam hal jaringan, dialog, dan inovasi. Tahun 2013, menurut AkzoNobel, akan meningkatkan tren komunitas yang tak kenal batas benua. Lintas-negara, lintas-budaya dan ragam gaya hidup yang mengangkat berbagai kemungkinan (possibilities) akan membentuk suatu keterkaitan (connections).

ColourFutures, menurut siaran pers AkzoNobel, adalah hasil riset tren warna tahunan untuk memberi inspirasi palet warna gaya desain interior dan eksterior agar bisa dikembangkan lebih lanjut para penggunanya.

Riset yang dilakukan AkzoNovel adalah pengolahan penelitian berbagai sumber, seperti grup riset, marketing, warna, pameran perdagangan dan ritel, pengaruh fashion, teknologi, arsitektur, alam, musik, kebudayaan populer, dan tren sosial ekonomi yang ada di masyarakat.

Violet adalah warna pilihan AkzoNobel untuk 2013, yang diberi tema Inspired Violet. Menurut perusahaan pembuat cat Dulux ini, violet merupakan warna yang kuat menyuarakan ketenangan, kebijakan, kejujuran, dan kebaikan. Warna ini juga memberi kesan agung, bijaksana, stabilitas, serta jujur. Tepat untuk diaplikasikan pada rumah bergaya modern.
Turunan dari Colour of the Year tersebut terdapat 5 tren lagi, yakni Collective Passion, Switching Off, The Art of Understanding, Home Factory, dan Visual Solace.

Di Indonesia, Dulux berkolaborasi dengan 3 orang interior desainer lokal untuk mengangkat 5 tema yang mendukung tema utama Colour Futures 2013 dan meminta mereka untuk menerjemahkannya dalam bentuk desain interior. Yuni Jie mengolah tema “Collective Passion” dan “Colour of The Year 2013”, Eko Priharseno mengambil tema “Home Factory” dan ”Switching Off”, sedangkan Diana Nazir mengaplikasikan tema “The Art of Understanding”  dan “Visual Solace”. Anda bisa melihat sebagian karya mereka pada foto artikel ini.

Collective Passion
Terinspirasi tren sosial media yang menciptakan beragam kemunginan terhubungnya berbagai gagasan baru. Tren yang awalnya bergerak perlahan kini menyebar cepat. Tren warna ini menggabungkan warna-warna kuat dan warna-warna pastel yang menyiratkan energi, kegembiraan, dan kreativitas.

Switching Off
Tujuan tema ini adalah untuk menemukan keheningan, menjernihkan pikiran dan menciptakan ruang untuk terciptanya pikiran-pikiran baru. Tema ini berisi palet dari warna-warna hening, rona-rona lembut bisa diaplikasikan di kamar sebagai tempat mengasingkan diri, tempat ketenangan yang sunyi. Warna-warna yang cenderung kelam, seperti abu-abu, putih, dan sebagainya.

The Art of Understanding
Warna-warna  dalam tren ini adalah cerah dan menaikkan suasana seperti memori masa kecil dan warna-warna es krim untuk koleksi musim gugur/panas Prada 2012. Cokelat ceri dan makaroon, biru langit, suara rasberi, dan cokelat chip mint. Tumpukan inspirasi corak permen lama dengan warna netral atau biru hijau kegelapan dan cokelat untuk kombinasi yang penuh gaya.

Home Factory
Beberapa orang saat ini menjadi pekerja lepas, lainnya membuka café di rumah mereka atau membuat kertas dan mencetak kain mereka sendiri. Ini merupakan pabrik dalam skala individu yang memberikan daya kreativitas total. Warna-warna dalam palet ini diilhami dari bahan pewarna alami. Warna-warna gelap namun sederhana dan memiliki kualitas yang kaya otentik. Ada merah dari buah bit dan musim panas buah berri, kuning hangat dari jeruk dalam jus wortel atau warna tanah liat terbakar, hijau terang dari alfalfa dan nada warna indigo yang cantik dari denim.

Visual Solace
Warna keunguan yang memberi kesan tenang dan menyegarkan.

Penulis: /WEB