Tampilan depan akun Twitter resmi Chelsea (@chelseafc)

Jakarta - Chelsea boleh jadi kalah dari Manchester United dalam merebut gelar juara Liga Primer Inggris musim 2012/13. Tetapi di media sosial, klub berjuluk The Blues itu adalah juaranya.

Klub sepak bola asal London, Inggris itu menjadi satu dari dua klub sepak bola yang menurut penelitian Nestivity - aplikasi komunitas di Twitter - paling banyak berinteraksi dengan audiens atau follower-nya di Twitter.

Riset itu dilakukan oleh Evolve Capital Inc dan Dr Natalie Petouhoff dari UCLA Anderson School of Management dan melibatkan 100 merek dengan follower terbanyak di Twitter. Secara keseluruhan mereka meneliti lebih dari 739.000 tweet dalam perioden satu bulan.

Hasilnya mereka menemukan bahwa, stiap tweet dari akun resmi Chelsea, yakni @chelseafc, selalu mengundang 349 tanggapan dari twitland. Selama sebulan Chelsea, yang punya sekitar juta follower, menulis atau mengunggah 799 postingan.

Klub sepak bola lain yang paling interaktif di Twitter adalah Arsenal dengan akunnya @arsenal yang juga punya lebih dari dua juta follower.

Tiap tweet dari Arsenal rata-rata mendapat 252 tanggapan dan klub berjuluk The Gunners itu sendiri rata-rata tiap bulan berkicau sebanyak 852 kali.

Nestivity sendiri mengumumkan hasil temuannya itu dalam daftar 25 akun Twitter yang paling interaktif di dunia.

Di urutan pertama akun paling interaktif adalah Notebook of Love, diikuti oleh Disneyworld, ESPN, Playstation, dan Disney. Chelsea berada di urutan keenam dan Arsenal pada urutan 14.

Dalam risetnya itu Nestivity mengatakan memang 25 daftar akun itu punya lebih dari sejuta follower. Tetapi jumlah follower tidak serta merta membuat sebuah akun lebih interaktif dari akun lain. Buktinya 70 persen dari akun yang paling tidak interaktif juga punya lebih dari sejuta follower.

Penulis: Liberty Jemadu

Sumber:Mashable