Donbass Arena. Donetsk.
Salah satu budaya yang dibawa orang-orang Inggris Raya tak lain adalah sepak bola.
 
Donetsk adalah sebuah kota di tenggara Kiev yang merupakan daerah tambang batu bara yang dikenal sebagai Donetsk Basin (Donbass) atau Cekungan Donnetsk.

Awalnya, kota ini bernama Yuzivka yang diambil dari nama pendiri kota, seorang pengusaha asal Wales bernama John Hughes. Kota ini sendiri didirikan Hughes pada 1869 dengan mendirikan pabrik baja dan pertambangan batu bara.

Yang unik dari kota ini adalah, meski merupakan wilayah industri dan pertambangan, Unesco menobatkan Donestk sebagai kota indistri terbersih di kolong jagat. Oleh pemimpin Uni Soviet, Nikita Khrushchev, kota yang sempat bernama Stalino itu berganti menjadi Donetsk, sesuai dengan nama sungai.

Sempat dilanda krisis, kini masih ada sekitar 17 pertambangan batu bara dan beberapa pabrik baja yang masih berjalan dan menjadi salah satu nadi perekonomian.

Pengaruh Britania Raya terbilang kental di Donetsk. Salah satu budaya yang dibawa orang-orang Inggris Raya tak lain adalah sepak bola. Untuk gelaran Euro 2012, sebuah stadion megah berdiri di Donetsk dan menjadi pemandangan menarik di kota ini.

Ya, Stadion Donbass Arena memang memiliki bentuk unik yang mirip dengan piring terbang. Stadion ini sendiri merupakan arena yang paling awal dinyatakan siap ketimbang delapan venue lainnya.
 
Stadion dengan rancangan unik ini mulai dibangun pada 2006 dan dibuka pada 2009. Stadion ini dibangun oleh ArupSport, perancang yang juga membangun Stadion Etihad, markas Manchester City dan Allianz Arena di Muenchen.

Stadion yang memiliki 53 kedai cepat saji, cafe,  bar, dan restoran ini akan menghelat pertandingan Grup D Euro 2012 di mana tuan rumah Ukraina berada. Di stadion ini akan digelar laga besar, Prancis lawan Inggris.

Penulis: