Jatah Piala Dunia, UEFA Dapatkan 16 Tempat

Trofi Piala Dunia. (AFP)

Oleh: Yudo Dahono / YUD | Jumat, 31 Maret 2017 | 08:03 WIB

Zurich - Perubahan format peserta Piala Dunia terbaru akan menguntungkan tim-tim dari Eropa. Dalam format baru di mana 48 tim bertarung menjadi yang terbaik di Piala Dunia, negara dari Eropa yang bernaung di UEFA akan mendapatkan jatah 16 tim.

Biro dari Dewan FIFA telah merekomendasikan UEFA mendapatkan jatah 16 tempat dalam format terbaru Piala Dunia mendatang. Format ini baru bergulir pada 2026 mendatang di mana diusulkan akan ada enam tim yang bertarung untuk memperebutkan dua tiket yang tersisa melalui babak play off.

Biro yang terdiri dari Presiden FIFA Gianni Infantino, serta para presiden dari enam konfederasi bola telah melakukan pertemuan di Zurich dan sepakat pada alokasi tim untuk perubahan format Piala Dunia. Usulan tersebut akan diajukan ke Dewan FIFA agar dapat diratifikasi, Mei mendatang.

Enam tempat otomatis diberikan kepada CONCACAF dan CONMEBOL. Sementara itu AFC mendapatkan delapan tempat, sembilan untuk CAF dan 16 untuk UEFA. Sementara itu OFC mendapatkan satu tempat otomatis. Dua tempat tersisa akan diperebutkan enam tim lewat babak play off.




Sumber: Goal
ARTIKEL TERKAIT