Messi Diskors, Presiden AFA Protes i

Lionel Messi.

Oleh: Gusti Lesek / YUD | Jumat, 31 Maret 2017 | 11:16 WIB

Buenos Aires - Bintang sepakbola Argentina, Lionel Messi dijatuhi sanksi tidak bermain di empat pertandingan internasional. Larangan itu dinilai berlebihan dan tidak adil.

FIFA menjatuhkan sanksi kepada pemain Barcelona itu pada Selasa, beberapa jam sebelum Argentina mengalahkan Bolivia dalam kualifikasi Piala Dunia, karena mengeluarkan kata-kata kasar kepada asisten wasit.

Pelatih Timnas Argentina, Edgardo Bauza mengecam sanksi yang diberikan itu. Sementara itu Presiden AFA, Claudio Tapia mengatakan, pemain berusia 29 tahun itu dilarang bermain karena federasi yang dipimpinnya kehilangan pengaruh di FIFA.

“(Sanksi untuk Messi) tidak adil dan ini tidak sesuai aturan. Sepakbola Argentina memang tidak memiliki perwakilan di Amerika Selatan dan FIFA, sehingga tidak bisa menjembatasi persoalan ini,” kata Tapia.

“Tugas kami adalah membangun lagi hubungan itu. Kami berharap bisa duduk bersama dengan presiden FIFA dan membayar profesional terbaik untuk mengurangi hukuman [terhadap Messi]," kata dia.

FIFA mengambil alih urusan AFA setelah jatuh dalam krisis berat pasca meninggalnya Julio Grondona, yang menjadi presiden AFA selama 35 tahun sampai dia meninggal pada 2014. Sejak saat itu, segala urusan sepakbola dikuasai pemerintah hingga pertengahan 2016.

Pada kualifikasi Piala Dunia 2018 di Rusia, Argentina berada di posisi kelima di Amerika Selatan, dengan Messi dilarang membela negaranya untuk empat pertandingan. Tetapi Argentina akan melakukan banding atas sanksi itu.

“Keputusan sanksi itu tidak sesuai realitas,” kata Sekretaris Timnas Argentina, Jorge Miadosqui.




Sumber: Sky Sports
ARTIKEL TERKAIT