AS, Meksiko, dan Kanada Siap Jadi Tuan Rumah Bersama Piala Dunia 2026

Trofi Piala Dunia. (AFP)

Oleh: Gusti Lesek / JAS | Jumat, 7 April 2017 | 10:26 WIB

London - Meksiko, Kanada dan Amerika Serikat (AS) sudah sepakat untuk mengajukan diri menjadi tuan rumah bersama Piala Dunia 2026. Hal tersebut diungkapkan Presiden Konfederasi Sepakbola Amerika Utara, Tengah, dan Karibia (Concacaf), Victor Montagliani.

Kepada Guardian, Montagliani mengatakan, ketiga negara itu akan mengajukan diri menjadi tuan rumah secara bersama-sama. Gagasan ini sudah bulat, dan pembahasan akan hal ini terus dilakukan.

“Dan ini akan menjadi sangat menarik kalau terjadi,” kata dia.

“Komentar positif atas rencana itu adalah tanda-tanda yang sangat kuat dari apa yang bisa dilakukan sepakbola untuk membuat negara-negara bersama-sama menjadi tuan rumah,” kata dia.

Dengan menegangnya hubungan Amerika Serikat dengan Meksiko, karena rencana Presiden Donald Trump yang akan membangun tembok pemisah kedua negara, pernyataan Montagliani ini dinilai sangat menyejukkan.

Ketika ditanya soal komentar atas pernyataan Trump yang bisa menjadi kendala dari ide tersebut Montagliani mengatakan, sepakbola berada di atas rezim politik.

Dengan bertambahnya jumlah peserta Piala Dunia 2026, kemitraan tiga negara yang menjadi tuan rumah merupakan ide yang bagus, karena mereka memiliki stadion yang lebih banyak dan besar.




Sumber: Daily Mail
ARTIKEL TERKAIT