Pemain Singapura merayakan kemenangan atas Kamboja.
Bermain di kandang Singapura, Thailand siap memberikan perlawanan.

Thailand memiliki tekad kuat untuk meraih poin penuh atas Singapura di leg pertama final AFF Suzuki Cup.

Sebagai catatan, keduanya sudah memenangkan gelar tersebut sebanyak tiga kali. Dan kali ini, keduanya pasti akan mempertunjukkan kemampuan terbaik mereka untuk meraih predikat yang terbaik di kawasan Asia Tenggara.

Menariknya, kedua tim sama-sama gagal masuk final dalam dua kali AFF.

Setelah melihat permainan cantik Thailand mengalahkan juara bertahan Malaysia dengan agregat 3-1, banyak yang mempredikisikan jika Thailand akan mudah mengatasi perlawan tim tuan rumah, Singapura dalam pertandingan yang akan dilangsungkan malam nanti.

Diprediksikan akan meraih tropi keempat, pelatih Thailand, Winfried Schaefer dengan nada merendah, tidak ingin orang membesar-besarkan hal tersebut.

"Saya tidak berpikir kami adalah favorit juara. Kami memiliki dua pertandingan di final, satu di sini (Singapura) satu di Bangkok. Kami akan fokus pada pertandingan di Singapura dan kemudian di Bangkok, itu yang terpenting," ujarnya.

"Tim Singapura memiliki pemain yang bagus. Karena itu kami harus berkonsentrasi sampai akhir pertandingan agar tidak kecolongan. Kami juga harus fokus dalam permainan," imbuhnya.

Winfried terkejut dengan hasil yang ditunjukkan anak asuhnya, mengingat persiapan mereka untuk menghadapi AFF Suzuki Cup ini cukup singkat dibandingkan para pesaing mereka.

"Saya senang, kami berhasil masuk final sekarang. Ini tidak dapat dipercaya, sebab kami baru berlatih pada 1 November lalu untuk pertama kalinya," ujar Winfried.

"Ini sebuah kejutan mengingat persiapan kami yang singkat. Apalagi kami tidak ada pertandingan persahabatan untuk menguji kerjasama tim. Saya mengucapka terima kasih kepada para pemain dan staf hingga kami berada di sini (final)," ujarnya lagi.

Menghadapi Singapura, Winfried tentu saja sudah merancang strategi khusus untuk meredam gempuran Shahril Ishak dan kawan-kawan. Bahkan ia menilai, serangan tim Singapura lebih bervariasi dari tim Malaysia.

"Saya menyaksikan permaian tim Singapura dari rekaman dan mereka bermain sangat baik sekali. Ini membuat kami tidak akan mudah memberikan perlawaan. Kami akan menggunakan tempo tinggi dan tetap berkonsentrasi pada pertahanan. Berharap, kami akan mendapatkan hasil yang terbaik yang dapat kami bawa sebagai modal pertandingan di Bangkok," terangnya.

Penulis: /FMB

Sumber:Asiaone.com