Android 9.0 Preview Diprediksi Hadir Pertengahan Maret Ini

Android 9.0 Preview Diprediksi Hadir Pertengahan Maret Ini
Google. ( Foto: BeritaSatu Photo / Herman )
Abdul Muslim / GOR Selasa, 6 Maret 2018 | 16:17 WIB

JAKARTA – Google, sebagai pemilik lisensi sistem operasi perangkat bergerak Android, diprediksi meluncurkan Android 9.0 Preview (P), atau pratinjau kepada para pengembang aplikasi pada pertengahan Maret 2018. Hal itu dilakukan sebagai persiapan dan pematangan untuk mendapatkan masukan agar ketika diluncurkan versi resminya secara komersial sudah relatif sempurna.

Informasi tersebut diungkap oleh Evan Blass yang dikenal sebagai pembocor ulung teknologi dan aplikasi. "Android P Developer Preview 1 ditargetkan rilis pertengahan bulan (Maret ini)," tulis Blass di akun Twitter-nya @evleaks.

Meskipun konferensi tahunan pengembang Google I/O baru akan dimulai 8 Mei mendatang, Google diyakini akan merilis pratinjau pertama Android P untuk para pengembang lebih awal, pertengahan Maret ini. Hal tersebut dengan asumsi bahwa Google juga menerapkan pola perilisan pratinjau pertama Android O untuk pengembang pada 1 Maret tahun lalu, seperti dikutip dari laman teknologi informasi Phone Arena.

Menurut dia, perkiraannya kemungkinan besar tepat. Namun, belum jelas, berapa banyak Android P yang akan diluncurkan selama 2018, sebelum versi finalnya menyentuh ponsel pertama. Sebelumnya, Google biasa merilis hingga lima versi pratinjau untuk pengembang sebelum versi Android komersialnya diluncurkan.

Berdasarkan bocoran sebelumnya, seperti dikutip dari Engadget, Senin (5/3), Android P bakal memiliki kemampuan fitur soal keamanan. Sistemnya bakal mampu mencegah aplikasi penyusup mencurigakan yang berniat untuk mengakses kamera dan mikrofon ponsel.

Hal itu terjadi ketika ada sebuah aplikasi susupan (malware) yang berniat untuk merekam suara latar, atau mengambil foto tanpa sepengetahuan pemiliknya. Kemudian, Android P juga bakal mendukung notch (tonjolan) di layar yang saat ini sudah mulai bermunculan di smartphone Android beserta fitur multiple screen.

Banyak juga laporan menyoroti beberapa fitur baru yang kemungkinan diperkenalkan pada Android pratinjau pertama untuk pengembang. Beberapa di antaranya lekukan pada layar ponsel seperti pada Zenfone 5 dan opsi untuk mengingatkan pengguna jika panggilan telepon sedang direkam.



Sumber: Investor Daily