Ilustrasi tidur

Tokyo - Sejumlah ilmuwan di Jepang mengatakan telah menemukan cara untuk "membaca" mimpi-mimpi manusia. Untuk itu mereka menggunakan alat pindai MRI untuk membuka sejumlah rahasia dalam alam bawah sadar manusia.

Para ilmuwan itu mengklaim, untuk pertama kalinya di dunia, mengungkap "penglihatan-penglihatan malam", yang sejak masa lampau menjadi subjek yang paling menarik perhatian dan spekulasi manusia.

Dalam studi yang dipublikasikan dalam jurnal Science itu, para ilmuwan dari ATR Computational Neuroscience Laboratories, di Kyoto, Jepang bagian barat menggunakan pemindai magnetic resonance imaging (MRI) untuk menentukan letak bagian otak yang aktif di tahap-tahap awal tidur.

Mereka melibatkan sejumlah sukarelawan dalam penelitian itu. Setelah memindai otaknya, para sukarelawan itu lalu dibangungkan dan diminta menceritakan apa yang mereka lihat dalam mimpi mereka. Proses itu diulang sebanyak 200 kali.

Jawaban para sukarelawan itu lalu dibandingkan dengan peta bagian otak yang pindai oleh pemindai MRI.

Hasilnya para peneliti kemudian bisa memprediksi, dengan tingkat akurasi 60 persen, apa yang dilihat oleh para sukarelawan dalam mimpi mereka. Tingkat akurasi naik menjadi 70 persen ketika melibatkan 15 benda seperti lelaki, kata-kata, dan buku.

"Kami menyimpulkan bahwa kami berhasil mengungkap beberapa jenis mimpi dengan tingkat keberhasilan yang tinggi," kata Yukiyasu Kamitani, peneliti senior yang juga pemimpin penelitian tersebut.

"Saya percaya bahwa ini adalah langkah kunci untuk membaca mimpi lebih tepat lagi," imbuh dia kemudian.

Penulis: Liberty Jemadu

Sumber:AFP