I-phone modifikasi berlapis permata dan emas pesanan khusus seorang jutawan menjadi ponsel termahal saat ini.

Liverpool - Seorang pria asal China rupanya tidak mau berlama-lama menyimpan warisan keluarga berupa sebuah berlian hitam 26 karat dan mendatangi tukang perhiasan ternama Stuart Hughes agar harta itu bisa dipamerkan.

Hasilnya? Sebuah iPhone 5 yang diklaim oleh Hughes sebagai “telepon termahal di dunia” bernilai sekitar US$ 15 juta (Rp 145 miliar).

Menurut website Hughes, yang berpusat di Liverpool, iPhone istimewa ini juga bertabur 600 butir berlian putih bening, lapisan emas solid di sisi belakang dengan 53 butir berlian yang membentuk logo ikonik Apple.

Namun alasan utama kenapa iPhone ini begitu mahal terletak di sisi depan. Pengusaha asal China itu, yang diidentifikasi hanya sebagai “Joe”, mengatakan ke Hughes sekitar 1,5 tahun silam kalau dia menyimpan berlian langka yang sudah menjadi milik keluarganya selama beberapa generasi.

Joe tertarik dengan casing iPhone terbuat dari emas yang dibuat sebelumnya oleh Hughes dan meminta ditambahkan berliannya.

"Tidak sering kita bisa menggarap berlian yang sangat langka,” kata Hughes.

Dia menghabiskan enam pekan membuat casis dari emas solid untuk iPhone 5 dan lalu memasang berlian hitam itu sebagai tombol “home”.

Harga berlian Joe saja menurut juru taksir resmi sudah mencapai sekitar US$14,5 juta, kata Hughes, sembari menambahkan dia sudah melihat sendiri sertifikat tentang keaslian dan nilai taksir berlian itu.

Hughes mengatakan handset emas solid dan bertabur berlian dari dia bernilai sekitar US$ 153.000, sebelum ditambahkan berlian hitam kliennya.

“Kami punya ahli teknologi di Macau yang bisa membentuk batu (berlian) itu, yang sampai hari ini belum pernah keluar dari China," kata Hughes.

Sebelumnya Hughes membuat rekor dengan kreasinya iPhone 4S bertabur 500 berlian dengan total di atas 100 karat pada 2011. Ponsel cerdas itu diperkirakan bernilai US$ 9 juta.

Hughes, 42, dikenal sebagai tukang pembuat gadget super mewah, mahal dan eksklusif, temasuk salah satunya iPad yang terbuat dari emas solid pada debutnya dua tahun silam.

 

Penulis: Heru Andriyanto/HA

Sumber:CNN