Seorang model menunjukkan Tablet Love Quran Tab 3G TV dari Cyrus.

Jakarta - Menyambut bulan suci Ramadhan dan Idul Fitri 2013, setiap umat Muslim biasanya meningkatkan kualitas keimanan. Selain melakukan ibadah wajib berpuasa, sholat sunnah Tarawih dan membaca ayat suci Alquran menjadi agenda sehari-hari di bulan suci.

Membaca Alquran kini semakin mudah dengan kemajuan teknolgi. Selain versi cetak, kini umat Muslim pun bisa menggunakan tablet untuk belajar mendalami agama Islam.

Sebagai salah satu produsen gadget lokal dengan aplikasi berbasis android keluaran Mizan, Cyrus bersama Telkomsel menghadirkan Love Quran Tab 3G TV.

Tablet keluaran Cyrus ini berisi konten Alquran yang dikhususkan bagi segmen anak. Konten dalam tablet ini berguna bagi anak-anak yang menjadi solusi untuk belajar Alquran secara digital, praktis, dan menyenangkan.

Kolaborasi dengan Telkomsel dikemas dengan simcard Simpati berkapasitas data 2 GB/bulan selama 6 bulan seharga Rp 50.000. Untuk aktivasi, pelanggan dapat melakukannya melalui Flash Tsel dengan mengirim ke 3636.

Tablet Cyrus Love Quran membantu orangtua mengajarkan membaca Alquran dengan cara yang interaktif. Dengan Love Quran pengguna bisa menikmati fitur-fitur menarik di antaranya My Quran, yang berisi fitur terjemahan, tajwid, tilawah, doa dan program khatam Alquran.

Kemudian, Muslim Daily berisi jadwal salat dan arah kiblat, Jelajah Quran berupa permainan untuk mengenal nama 114 surat beserta urutan, artinya dan makiyyah-madaniyah. Selain itu, Taqhoma untuk mengenal huruf-huruf hijayah secara menyenangkan melalui "game musical".

Tab yang satu ini juga dilengkapi Melodi Quran yaitu aplikasi interaktif untuk belajar memahami kandungan surat pendek melalui nyanyian.

Lalu, ada Kamus Quran untuk mempelajari kosa kata penting di dalam Alquran melalui game tebak kata sambil belajar Bahasa Inggris. Selain itu, juga ada Cerita Binatang tentang kisah-kisah binatang yang diceritakan dalam Alquran dikemas dalam aplikasi interaktif yang menarik.

Indeks Quran Tematik juga ada, yaitu aplikasi indeks Alquran yang disusun secara tematik dengan struktur yang mudah dipahami, dan terakhir kumpulan video animasi edukatif untuk membantu anak belajar mempraktikkan ibadah.

Ada juga senandung salawat untuk negeriku, serta "indobooks" yaitu aplikasi majalah berbasis android.

Menurut Director Business and Development Mitra Komunikasi Nusantara, Redi Sopyadi, seluruh konten ini sudah terpasang dalam tablet Love Quran, sehingga konsumen tak perlu lagi mengunggah di application store.

"Menyambut Ramadan dan Idul Fitri, Cyrus ingin berperan serta menyediakan pengalaman rohani untuk umat Muslim dengan solusi praktis dan menyenangkan," ujarnya di sela peluncuran tablet Love Quran di Mall Kuningan City, Jakarta, baru-baru ini.

Senada dengan itu, Head of Community Management Group Telkomsel, Suryo Hadiyanto, mengatakan kehadiran Love Quran Tab 3G TV ini merupakan salah satu wujud konsistensi dan kepedulian Telkomsel terhadap komunitas Muslim di Indonesia.

"Dengan adanya aplikasi ini, akan semakin memperkaya dunia digital Telkomsel serta mempermudah pelanggan untuk menikmati fitur-fitur Islami di era digital," ujarnya di Jakarta, baru-baru ini.

Tablet Islami
"Love Quran" merupakan tablet Islami pertama Cyrus yang didukung dengan prosesor 1 GHz, memori internal 4GB, kamera 5MP, TV analog dengan baterai 5000mAh, sehingga daya pakai lebih tahan lama.

Cyrus membanderol tablet Islami ini seharga Rp 2,1 juta atau dengan harga khusus Rp 1,9 juta untuk 1.000 pembeli pertama yang melakukan pemesanan melalui www.telkomsel.com/cyrus.

CEO Mizan Application Publisher Irfan Amalee menambahkan, tablet Love Quran ini diharapkan bisa membantu orang tua mengajarkan anak-anaknya belajar Alquran dengan cara interaktif dan menyenangkan.

“Anak-anak kalau diberi Alquran cetak terkadang suka enggan. Namun dengan tablet ini coba memberi materi melalui audio visual yang disukai anak-anak,” jelas dia.

Selain tipe 3G TV, Cyrus juga mengeluarkan tiga tipe tablet Love Quran dengan koneksi Wifi berukuran 7 inci dan 5 inci yang dibanderol dengan harga Rp 1 juta Lalu untuk tipe Love Quran Tab TV berkoneksi Wifi dibanderol dengan harga Rp 1,5 juta.

Dalam tiga bulan ke depan, Cyrus menargetkan mampu menjual 40.000 unit tablet Love Quran tersebut. Produk-produk tersebut mulai awal Juli akan tersedia di Hypermart, Carrefour, maupun distributor Cyrus di seluruh Indonesia.

Suara Pembaruan

Penulis: H-15/FEB

Sumber:Suara Pembaruan