Ilustrasi Android

Serpong - Sistem operasi Android tidak disangkal sudah menjadi pemain utama dalam perkembangan smartphone maupun gadget pintar lain di dunia. Data dari lembaga riset pasar IDC menyebutkan bahwa pasar ponsel bersistem Android, pada 2012, sudah lebih dari 75 persen.

Tetapi tahukan Anda, ada setidaknya tiga fakta tentang Android yang luput dari perhatian para penggunanya. Berikut ini adalah fakta-fakta tersebut menurut penggemar gadget, Lucky Sebastian:

Pertama, sampai saat ini Android memiliki 700.000 ribu lebih aplikasi yang bisa diunduh, gratis maupun berbayar, di Google Play Store. Sejauh ini sudah 48 miliar unduhan atau sekitar 65.000 unduhan tiap menitnya di Play Store.

Kedua, pernahkah Anda memperhatikan nama-nama seri sistem Android? Ya mereka adalah Froyo, Gingerbread, Honeycomb, Ice Cream, dan yang terbaru, Jelly Bean? Tetapi jika Anda jeli, ada satu yang menarik dari nama-nama tersebut. Semuanya urut secara alfabetik! Google sengaja melakukannya, kata Lucky, hanya agar lebih menyenangkan.

"Sesuatu yang bagus tidak harus selalu serius," ujar Lucky. Masih ada 16 huruf lagi dalam daftar alfabet, maka Lucky memperkirakan setidaknya Android akan tetap ada selama delapan tahun mendatang.

Ketiga, jumlah pengguna Android tumbuh pesat dalam tiga tahun terakhir. Sebanyak 100 juta di tahun 2011, 400 juta di tahun 2012, dan di tahun 2013 ini sudah mencapai angka 900 juta. Kumpulkan semua perangkat berbasis Android yang ada di bumi, maka panjang totalnya adalah 1.170.000 kilometer. Jarak itu setara tiga kali bolak-balik dari bumi ke bulan.

Penulis: Shesar Andriawan