"Lebaran Unyu", Stiker Bertema Ramadan Khusus Pengguna Facebook Indonesia

Contoh gambar stiker dari album Lebaran Unyu yang bisa digunakan di Facebook Messaging. ( Foto: Facebook )
PR/Shesar Andriawan Kamis, 18 Juli 2013 | 11:47 WIB

Jakarta - Fitur stiker tampak kian populer di aplikasi berkirim pesan. Fitur stiker mirip emotikon namun umumnya berukuran lebih besar, berkarakter, dan kadang bisa bergerak. Stiker sebelumnya dikenal ada di aplikasi pesan singkat, seperti Line, WeChat, Kakao Talk, dan sebagainya. Kini, Facebook pun ikut melansir stiker di layanan pesannya, namun seakan ingin berbeda, dibuat lebih "membumi". 

Layanan stiker pada Facebook Messaging, seperti tertuang dalam siaran kepada pers yang diterima hari Kamis (18/7) itu bertujuan memperkaya pengalaman pengguna dalam berinteraksi. Stiker Facebook Messaging yang dibuat khusus untuk pengguna dari Indonesia itu bisa diunduh gratis.

Album koleksi stiker berjudul "Lebaran Unyu" ini berisi 30 stiker dengan gambar kartun tokoh Punakawan: Petruk (Dawala di Sunda), Gareng, Bagong, Semar, serta Srikandi.

"Lebaran Unyu" merupakan kelanjutan dari album koleksi stiker "Wayang Unyu" yang diluncurkan Facebook pada Mei lalu. Kreator tokoh Punakawan dan Srikandi dalam koleksi stiker tersebut adalah Rury Nazif dan Iwan Nazif. Rury adalah karyawan di salah satu operator telekomunikasi di Indonesia, sementara Iwan adalah ilustrator lepasan yang berdomisili di Kuala Lumpur, Malaysia.

Untuk pengguna Facebook yang tinggal di luar Indonesia tetap bisa mengunduh album koleksi stiker ini asalkan menggunakan Bahasa Indonesia pada pengaturan bahasa mereka. Album "Lebaran Unyu" bisa diunduh pada semua platform mobile yaitu Android, iOS, Java, maupun situs Facebook.

Dari hasil pencobaan Beritasatu.com, preview stiker di kolom chat termasuk kecil dan kurang jelas. Sehingga terkadang tidak bisa mengetahui ekspresi apa yang ditampilkan di stiker. Tapi setelah dipilih dan tampil di kolom chat, gambarnya cukup terlihat jelas. Terkadang perlu coba-coba untuk tahu apa pesan yang terkandung di stiker.

Gambaran yang ditampilkan cukup menarik, karena menggunakan ekspresi keseharian yang kerap dialami selama bulan Ramadan, misal, gambaran perut bergemuruh sambil menunggu waktu berbuka, atau ekspresi kaget bangun tidur karena kelewat waktu sahur, dan sebagainya.

CLOSE