"Mommychi," Aplikasi Monitoring Kesehatan Ibu dan Anak

(beritasatu.com)

Oleh: Kharina Triananda | Rabu, 15 Januari 2014 | 19:45 WIB

Jakarta - Masa kehamilan dan 1000 hari pertama kehidupan adalah fase yang sangat penting untuk perkembangan anak. Pemenuhan nutrisi, gizi dan lainnya harus benar-benar diperhatikan, khususnya bagi para ibu.

Berangkat dari kepentingan itu, PT Kalbe Farma Tbk (Kalbe) meluncurkan inovasi baru dalam bentuk aplikasi mobile untuk monitoring kesehatan ibu dan anak.

"1000 hari pertama kehidupan, yang berjalan sejak di dalam kandungan hingga usia dua tahun, merupakan periode kritis yang menjadi masa awal yang menentukan tumbuh kembang otak anak," ujar Dr. dr. Ahmad Suryawan, Sp.A(K), ketua divisi Tumbuh Kembang Anak & Remaja Departemen Ilmu Kesehatan Anak RSU Dr. Soetomo/FK Unair Surabaya pada peluncuran Mommychi di Jakarta, Rabu (15/1).

Ditambahkannya, keunikan periode kritis ini terletak pada dua hal, yakni periode ini merupakan masa saat sirkuit jaringan otak terbentuk hingga 80 persen dan periode kritis ini terjadi sekali dalam seumur hidup.

"Selama periode tersebut si kecil harus benar-benar terpantau kemampuannya supaya tidak terjadi kegagalan pembentukan sirkuit otak yang berakibat permanen sepanjang usianya," lanjut Ahmad.

Dengan begitu, kata dia, sangat penting aplikasi seperti Mommychi ini agar orangtua memiliki dokumen sendiri mengenai tumbuh kembang anaknya yang tersimpan dengan baik.

Mommychi merupakan applikasi online (seperti Facebook), dimana data yang ada akan tersimpan aman di server dan bisa dibuka pada gadget dengan platform Android dan iOS di mana saja dan kapan saja selama ada koneksi internet.

"Saat ini sudah bisa diunduh di Google Store untuk platform Android dan kita usahakan minggu depan sudah bisa diunduh di Apple Store untuk iOS," kata Andreas Setiawan Santoso, Head of Business Unit and CRM Division Kalbe Farma.

Ia mengatakan bahwa melalui aplikasi Mommychi ini, Kalbe berharap bisa membantu mencari atau memecahkan solusi bagi masalah-masalah yang biasa dihadapi ibu hamil atau ibu yang memiliki anak usia balita.

"Aplikasi Mommychi ini gratis dan pengoperasiannya juga mudah. Untuk registrasi hanya perlu memasukkan alamat email dan passwordnya," terang Andreas.

Kemudian, pengguna bisa memilih antara 3 fitur unggulan, yakni fitur kehamilan (kontrol kjehamilan, jurnal kehamilan, ensiklopedia ibu dan namerator bayi), lalu yang kedua fitur monitoring kesehatan anak (imunisasi, jurnal kesehatan anak, deteksi tumbuh kembang anak, deteksi gejala penyakit, ensiklopedia anak) dan ketiga fitur umum (galeri, direktori, musik, games dan tanya dokter,).

"Yang berbeda Mommychi memiliki teknologi Namerator bayi, dimana orangtua bisa mencari nama-nama calon anak mereka yang unik dengan menggabungkan nama ayah dan ibunya," imbuh Andreas.

Selain itu, di fitur Tanya Dokter, pengguna bisa chatting secara langsung dengan dokter-dokter. Khusus untuk fitur ini, Kalbe bekerjasama dengan klikdokter.com.


Sumber:
ARTIKEL TERKAIT