Ilustrasi - Tidak semua bagian televisi bisa disulap menjadi barang baru yang penuh manfaat. Hanya panel kacanya saja yang bisa diubah menjadi vacum peredam panas
Terdapat Undang-Undang yang mengatur soal daur ulang peralatan rumah tangga

Anda mungkin memiliki setumpuk barang elektronik usang yang terbuang begitu saja dan akhirnya berakhir hanya di tempat sampah.


Namun, hal itu tidak terjadi di Jepang yang tidak tidak membiarkan begitu saja sampah elektronik. Melalui alat teknologi yang canggih, semua barang elektronik dapat disulap sehingga dapat berguna kembali.


Contohnya adalah televisi layar datar dan televisi LED. Orang-orang mulai berbondong-bondong beralih ke jenis televisi berbadan tipis yang bisa ditempel di dinding. 


Sementara televisi "berkonde" tergerus jaman, ditinggalkan bahkan dibuang. 


Lantas apa yang bisa dilakukan dengan alat elektronik yang sudah dibuang tersebut?


Di Jepang, terdapat Undang-Undang yang mengatur soal daur ulang peralatan rumah tangga. Barang elektronik seperti televisi yang sudah tidak terpakai dapat dijual untuk selanjutnya didaur ulang oleh Panasonic Eco Technology Center [Petec].


Berdasarkan catatan Ichiro Kikuchi, Wakil Presiden Home Appliance company Panasonic di Jepang, saat ini terdapat belasan ribu sampah elektronik yang bisa didayagunakan kembali.


"Jumlah itu cukup untuk membuat alat peredam panas hingga 10 tahun ke depan," kata Ichiro yang ditemui di kantornya di Kusatsu, Osaka, Jepang, awal pekan ini.


Perusahaan elektronik asal Jepang mempunyai ide untuk mendayagunakan kembali alat elektronik tersebut, dalam hal ini televisi.


Tidak semua bagian televisi bisa disulap menjadi barang baru yang penuh manfaat. Hanya panel kacanya saja yang bisa diubah menjadi vacum peredam panas.


Selanjutnya, potongan panel kaca televisi akan dileburkan dengan temperatur tinggi dan diubah menjadi cairan.


Cairan hasil pelelehan panel kaca televisi lantas dituangkan ke sebuah alat bernama spinner. Alat ini mirip dengan alat pembuat permen harum manis (cotton candy).


Alat tersebut akan berputar sangat cepat dan menghasilkan serat-serat kaca halus.


Serat halus kaca itu kemudian dikemas dengan alumunium untuk selanjutnya dipergunakan sebagai alat peredam panas yang dinamakan U- Vacua.


Tahun depan, pihak Panasonic akan mengaplikasikan U-Vacua pada vending machines (mesin penjual minuman), fasilitas kesehatan dan kecantikan seperti spa dan untuk melapisi dinding rumah.


Di masa depan pula, Panasonic tidak hanya akan mendaur ulang panel kaca televisi, tetapi juga alat elektronik lainnya seperti drum mesin cuci.

Penulis: