Ini Alasan #ShameOnYouSBY Hilang dari Trending Topic Global

Ini Alasan #ShameOnYouSBY Hilang dari Trending Topic Global
Pergerakan #ShameOnYouSBY di trending topics dunia sebelum mendadak hilang, Sabtu (27/9) malam hari WIB. ( Foto: Twitter )
Yudo Dahono / YUD Sabtu, 27 September 2014 | 23:56 WIB

Setelah menguasai trending topics global hashtag #ShameOnYouSBY menghilang dari jagat Twitter. #ShameOnYouSBY hilang secara mendadak setelah nyaris 48 jam ada di 10 besar trending topics worlwide.

Menghilangnya #ShameOnYouSBY yang muncul akibat kekecewaan netizen Indonesia terhadap keputusan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono terhadap pengesahan UU Pilkada, Jumat (26/9) dinihari tersebut diyakini terjadi akibat penghapusan yang dilakukan terhadap Twitter.

Sebelum dihapus dari Twitter #ShameOnYouSBY sudah mencapai 297.000 tweets pada sekitar pukul 21.50 WIB. Padahal sejak muncul sejak Jumat (26/9) dinihari WIB setelah pengesahan UU Pilkada oleh DPR, #ShameOnYouSBY selalu menghiasi trending topics global.

Seperti dikutip dari The Next Web, Twitter dapat menghapus suatu konten di situs milik mereka. "Jika kami menerima permintaan dari entitas yang berwenang, dimungkinkan untuk menghapus atau menahan akses terhadap konten tertentu di suatu negara kapan saja."

Twitter tidak menerapkan sistem sensor otomatis, tapi mereka akan mempraktikkannya saat ada permintaan resmi dari pihak berwenang.

Seperti tertulis dalam kebijakan Twitter di situs mereka, pemerintah atau lembaga negara tertentu memang dapat mengajukan keberatan terhadap konten atau akun tertentu. Jika memenuhi aturan yang termaktub di situs microblogging tersebut, Twitter bisa menghapus, meredam atau menahan akses terhadap konten seperti halnya yang terjadi dengan #ShameOnYouSBY.

Twitter memang tidak mensensor #ShameOnYouSBY tapi atas permintaan pemerintah Indonesia hashtag tersebut dimungkinkan untuk hilang dari trending topics global karena dianggap telah memenuhi syarat yang ada diminta Twitter di situs mereka.

Sumber: Twitter, The Next Web
CLOSE