Dukung UKM, PointStar Tawarkan Layanan Komputasi Awan

Ilustrasi Cloud Computing (Istimewa)

Oleh: Mohamad Rahmalio / FER | Kamis, 7 Mei 2015 | 18:38 WIB

Jakarta - Ditengah kondisi teknologi informasi yang kian memengaruhi kinerja suatu UKM, PointStar memberi dukungannya dengan mengucurkan investasi sebesar US$ 500.000 untuk program penilaian dan diagnosa teknologi informasi (TI) berbasis komputasi awan kepada 1000 perusahaan di Indonesia selama 12 bulan ke depan.

"UKM berperan penting dalam menopang perekonomian Indonesia. Saat ini tercatat 99,9 persen dari jumlah seluruh unit usaha yang ada di Indonesia dan memberikan kontribusi sekitar 60 persen terhadap pertumbuhan ekonomi nasional ," ucap Sales and Marketing Manager Yuwono Utomo di Jakarta, Kamis (7/5).

Ia mengatakan, PointStar hadir guna mendorong pemanfaatan TI berbasis komputasi awan untuk berbagai industri. "Sebagai premier partner dari Google, kami tawarkan solusi komputasi awan guna meningkatkan kinerja pelaku bisnis UKM di Indonesia," tambahnya.

Yuwono menjelaskan, teknologi informasi berbasis awan adalah sebuah konsep baru. Konsep ini memanfaatkan perangkat keras dan lunak untuk meningkatkan kehandalan dan menghemat biaya dalam pengoperasian usahanya.

"Melalui fasilitas kami, yakni Cloud Center of Excellence yang memiliki partner seperti Google For Work, Xero, Netsuite, Cisco Meraki dan TradeGecko, tentu akan meningkatkan kehandalan, efisiensi dan menghemat biaya dalam pengoperasian usahanya," ungkapnya. Kami menyediakan teknologi dari awal usaha, saat usaha anda berkembang dan sampai usaha anda besar," ungkapnya.

Management Representative of Ekatama Group, Yansen Chandra, sebagai perwakilan dari salah satu perusahaan yang menggunakan layanan TI PointStar mengatakan, semenjak mempercayakan layanan TI kepada PointStar, perusahaannya terbukti melakukan penghematan.

"Dengan dana per akun $50, kami rasa ini lebih hemat. Hal tersebut dibuktikan ketika rapat kini para kepala cabang tidak perlu lagi datang ke head office. Hemat waktu dan hemat dana. Dengan fasilitas ini juga, Ekatama Group berhasil mengoptimalkan bisnisnya, termasuk data sharing dan pemantauan terhadap cabang dan departemen. Semua real-time dan sinkronasi," imbuhnya.

Yuwono mengatakan dengan fasilitas ini, para pengguna dapat dibantu dari sisi edukasi dan pelatihan."Kami menyediakan informasi tentang komputasi awan melalu media innovation.com. Nnati juga akan memberikan pelatihan pegawai untuk memaksimalkan penggunaan sistem cloud dalam pekerjaan sehari-hari," paparnya.

Selain itu, Yuwono juga menuturkan dengan cloud juga bisa untuk meningkatkan kinerja UKM untuk lebih fokus kepada bisnisnya. "Nanti, implementasi tim lapangan, bisa cek stok barang. Ini memudahkan para UKM. Jadi, ketahuan stok barangnya ada berapa," tambahnya.

Sempat dicontohkan saat presentasi Cloud Center of Excellence, layanan komputasi awan ini bisa diadaptasi untuk media guna mempercepat penerimaan informasi yang ada.

"Untuk para rekan media, misal sedang ngerekam wawancara, nah, ini bisa secara live, dan cepat langsung diunggah. Tentu lebih efisien," tandasnya.

Yuwono menjabarkan sudah berbagai industri ikut dalam pelayanan komputasi awan oleh PointStar. "Ada Fuji Electric, Sampoerna, Ekatama, ada beberapa manufaktur, percetakan, hotel dan juga oil & gas," tutupnya


Sumber:
ARTIKEL TERKAIT