Badai sinar matahari.
Badai matahari ini merupakan yang terbesar selama lima tahun terakhir.

Badai matahari ini bisa membahayakan karena mengeluarkan partikel bermuatan listrik yang bisa menganggu pasokan listrik, GPS, komunikasi radio serta penerbangan.

Badai matahari yang terjadi Selasa (6/3) diperkirakan akan mulai tiba di bumi Kamis (8/3) EST (Eastern Standard Time atau GMT -5 pada jam 1 hingga 5 dini hari atau sekitar Jumat (9/3) pukul 13 hingga 17 petang WIB.

Hal tersebut dipaparkan oleh pengamat di Pusat Cuaca Luar Angkasa AS. Menurut mereka badai matahari yang diawali suar matahari masif terus berkembang saat lepas dari gravitasi matahari.

"Badai matahari ini mengarah tepat ke bumi," papar Joe Kunches seorang ilmuwan dari Pihak Pusat Prakiraan Cuaca Angkasa dan Lautan AS, National Oceanic and Atmospheric Administration (NOAA).

Para ilmuwan terbilang tak begitu gencar memberitakan mengenai peristiwa badai matahari ini. Padahal badai matahari yang terbesar selama lima tahun terakhir ini menjadi lebih berbahaya karena selama beberapa tahun terakhir aktivitas matahari terbilang cukup rendah.

"Ini adalah peristiwa yang lumayan sedang ukurannya, tapi bukan termasuk dalam ukuran yang besar," papar Bill Murtaugh, koordinator program pada pusat cuaca angkasa.

Badai matahari ini diramalkan akan tiba di bumi hingga Jumat pagi atau Sabtu WIB, tapi wilayah bintik matahari (AR1429) yang mengeluarkan badai matahari masih bisa mengirimkan badai matahari ke arah bumi. Naasnya ada bintik matahari lain yang siap mengirimkan badai matahari setelah AR1429.

Saat ini para ilmuwan tengah menantikan apa yang akan terjadi saat partikel bermuatan listrik tiba di bumi dengan kecepatan 4 juta mil per jam.

Dampak negatif dari badai matahari adalah gangguan bagi kehidupan di bumi. Aneka gangguan magnetis, radio dan emisi radioaktif.

Badai matahari ini juga berpotensi untuk menghentikan pasokan listrik. Kunches menyatakan perusahaan listrik di seluruh dunia sudah diminta untuk mewaspadai badai ini. Menurut Kunches, gangguan listrik dari badai matahari akan tergantung pada waktu serta kecepatannya tiba di bumi.

Penulis: