Startup Malaysia Siap Ekspansi ke Indonesia

Kegiatan "Startup Exchange Program Show" bersama dua startup dari Malaysia, di Wisma Barito Pacific, Jakarta, Senin 29 Agustus 2016. (Beritasatu.com/Feriawan Hidayat)

Oleh: Feriawan Hidayat / FER | Senin, 29 Agustus 2016 | 23:43 WIB

Jakarta - Gaung Masyarakat Ekonomi ASEAN terasa menggema. Masing-masing negara di kawasan ini tidak hanya berpikir bagaimana menjadi nomor satu dalam mengusai pasar, sekaligus juga mampu berkolaborasi dengan negara tetangga untuk saling memberikan nilai tambah, dalam rangka memperkuat lini bisnis.

CEO Yacademy, Arne van Looveren mengatakan, datangnya era MEA semakin menantang jiwa berkompetisi untuk menumbuhkan potensi kewirausahaan di Asia Tenggara. "Startup terus bermunculan dengan inovasi dan keberanian yang kuat untuk berkompetisi," kata Arne di Jakarta, Senin (29/8).

Salah satunya, lanjut dia, seperti yang dilakukan oleh startup Malaysia yang tergabung dalam wadah Malaysian Global Innovation & Creativity Centre (MaGIC). "Dalam beberapa tahun terakhir ini, pemerintah Malaysia menggalakkan berbagai upaya proaktif untuk membangun infrastruktur yang kuat untuk mendorong pertumbuhan wirausaha (entrepreneur) di negaranya," lanjut dia.

Managing Director Kejora, Andy Zain, mengatakan, memiliki misi menjadi wadah ekosistem kewirausahaan di Malaysia, MaGIC memilki peran penting dalam menyatukan sumber daya yang melimpah untuk dioptimalkan oleh komunitas kreatif dan startup sehingga dapat memberikan nilai kebermanfaatan yang tinggi baik di skala regional maupun global.

"Dalam rangka penguatan kapasitas startup untuk ekspansi, MaGIC berkolaborasi dengan Yacademy, perusahaan pembelajaran digital startup dan investor lokal Kejora, meluncurkan pilot project perdana di Indonesia yaitu Startup Exhange Program Show yang menghadirkan 2 perusahaan start up asal Malaysia yaitu Bloom This dan Blue Bear," kata Andi.

Kedua startup ini, lanjut dia, memililki layanan dan produk inovatif. Bloom This, menawarkan layanan online dalam penyediaan dan pengirman kebutuhan bunga-bunga segar secara berlangganan. Sedangkan Blue Bear, memproduksi dan menjual pembalut wanita ramah lingkungan

"Selama dua pekan, terhitung sejak 29 Agustus hingga 9 September 2016, dua startup yang memang berencana ekspansi bisnis ke Indonesia ini melakukan studi banding untuk mempelajari karakteristik pasar di Indonesia sekaligus memguatkan hubungan bilateral dengan industri terkait," kata Andi.

Difasilitasi Yacademy, lanjut dia, mereka mengunjungi sejumlah startup lokal untuk berbagi pengalaman, berjumpa dengan investor, Kadin, lembaga pendidikan, dan menghadiri forum-forum kewirausahaan yang fokus pada pengembangan bisnis secara digital.

"Selain Indonesa, MaGIC juga akan mengadakan program serupa ke Thailand. Melalui program ini diharapkan startup Malaysia bisa lebih matang dalam berstrategi dan memnguatkan hubungan diplomasi bisnis untuk memenangkan pasar internasional," tambahnya.






Sumber: BeritaSatu.com
ARTIKEL TERKAIT